Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Seseorang

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri

Kepercayaan Diri

Bandura (1977) mengemukakan bahwa keyakinan atau kepercayaan diri seseorang bersumber pada empat hal utama yaitu: hasil yang pernah dicapai, model perilaku, persuasi verbal, dan gugahan emosional. Keempat sumbr ini yang kemudian membentuk kepercayaan diri, untuk selanjutnya mempengaruhi performa olaharaga.

faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri

Hasil yang pernah dicapai seorang atlet berpengaruh cukup besar pada keyakinan dirinya. Jika ia berhasil, ia akan memiliki keyakianan yang lebih besar. Contoh perilaku yang harus ditampilakan atlet dapat dibrikan oleh pelatih melalui pemutaran film atau mendatangkan pakar cabang olahraga tertentu. Belajar dengan mencontoh harus mmenuhi empat syarat yaitu: ada perhatian, ada pengulangan, diterapkan dalam gerak motorik, dam motivasi. Persuasi verbal adalah teknik untuk membangkitkan semangat individu yang kerap digunakan pelatih dan disampaikan secara verbal. Adapaun gugahan emosional adalah hasil persepsi seseorang terhadap suatu keadaan tertentu.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri

Menurut Feltz (1988), ada elemen atau sumber yang mempengaruhi kepercayaan diri, yaitu: hasil yang pernah dicapai, terlibat dengan keberhasilan orang lain, persuasi verbal, pengalaman imagery, kondisi fisiologis, dan kondisi emosional. Keenam sumber ini ynag kemudian membentuk keyakinan dan selanjutnya mempengaruhi penampilan kinerja olaharga (Juriana, 2012).

Lebih lanjut Weinberg & Gould (2003: 319) mengungkapakan ada sembilan faktor-faktor yang mempengaruhi Self-Confidence, yaitu:

  1. Mastery: yaitu informasi yang diterima oleh individu tentang kemampuan diri yang dimilikinyu dapat berupa persuasi verbal dari orang sehingga individu mempercayai dirinya sendiri bahwa ia mampu mengatasi masalah.
  2. Demonstration of ability: yaitu keyakinan bahwa dirinya dapat menujukkan kemampuan pada orang lain dan dapat membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan yang lebih baik karena berhasil mengalahkan lawan.
  3. Physical and mental preparation: yaitu kesiapan secara fisik dan kesiapan secara mental yang dirasakan oleh atlet.
  4. Physical self-presentation: yaitu perasaan-perasaan individu yang positif mengenai tubuh fisik atau citra tubuhnya, sehingga berpengaruh positif terhadap perasaan individu tentang dirinya secara umum.
  5. Social support: yaitu dukungan yang menguntungkan yang diperoleh individu dari lingkungan sosialnya, berbentuk ungkapan, penghargaan, ungkapan cinta kasih, pemberian informasi, pemberian saran verbal maupun nonverbal.
  6. Coaches ledership: yaitu kepemimpinan pelatih yang meliputi aspk pembuat keputusan, teknik memotivasi, memberikan upan balik, dan mengarhkan kelompok atau satu regu dengan penuh percaya diri.
  7. Vicarious experience: yaitu adanya observasi kemudian meniru penampilan orang lain yang nantinya akan ditetapkan ke dirinya sendiri.
  8. Environmental comfort: yaitu kenyamanan kondisi fisik lingkungan yang dihadapi atlet, seperti cuaca, tempat bertanding, dan fasilitas yang ada untuk mendukung pertandingan atau latihan.
  9. Situation favarobleness: yaitu perasaan bahwa situasi pertandingan sesuai dngan keinginannya, misalnya saat panitia pelaksana pertandingan turut mendukung atlet yang bersangkutan.


Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas maka sumber atau faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri ada yang berasal dari luar atlet dan dari dalam diri atlet sendiri. hasil yang diperoleh, persuasi verbal, dan model prilaku adalah faktor yang bersifat eksternal. Sedangkan gugahan lebih bersifat internal, meskipun kemungkinan tetap ada pengaruh eksternal.


Daftar Pustaka

  • Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behaviour change. Psychological Review, 84, 191-215.
  • Feltz, D. L. (1988). Self-confidence and sports performance, Exercise and Sport Science Reviws, 16, 423-457.
  • Juriana. (2012). Peran Pelatih Mental Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Atlet Renang Sekolah Ragunan. Tesis Magister, Depok: PPs UI.
  • Weinberg, Robert. S & Gould, Daniel. (2003). Foundation of sport & exercise psychology, third edition. Champaign, II: Human Kinetics Publishers, Inc.

Posting Komentar untuk "Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Seseorang"