Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Atlet Yang Mempunyai Kepercayaan Diri

Ciri-ciri Atlet Mempunyai Kepercayaan Diri

Kepercayaan Diri Atlet

Pengalaman dalam olahraga bagi anak adalah sangat penting, apabila hal tersebut positif dan menyenangkan maka ia akan terlibat terus dalam olahraga seumur hidup. Sebaiknya anak mendapatkan pengalaman negative atau mengecewakan ia akan mengundurkan diri dari kegiatan olahraga selamanya.

Tanpa memiliki penuh rasa percaya diri sendiri atlet tidak akan dapat mencapai prestasi tinggi, karena ada saling hubungan antara motif berprestasi dan kepercayaan diri. Percaya diri adalah rasa percaya bahwa ia sanggup dan mampu untuk mencapai prestasi tertentu, apabila prestasinya sudah tinggi maka indvidu yang bersangkutan akan lebih percaya diri.

ciri atlet yang mempunyai kepercayaan diri

Ciri-ciri atlet yang mempunyai kepercayaan diri

Kepercayaan diri sangat dibutuhkan untuk beraktifitas, tak terkecuali pada dunia pendidikan. Kepercayaan diri akan ditampakkan atau dicerminkan pada perilaku yang ditampilkan seseorang. Lauster (1997) mengemukakan bahwa ciri-ciri orang yang mempunyai kepercayaan diri tinggi adalah:

  1. Keyakinan akan kemampuan diri yaitu sikap positif seseorang tentang dirinya bahwa mengerti sungguh sungguh akan apa yang dilakukannya.
  2. Optimis yaitu sikap positif seseorang yang selalu berpandangan baik dałam menghadapi segala hal tentang diri, harapan dan kemampuan.
  3. Obyektif yaitu orang yang percaya diri memandang permasalahan atau segala sesuatu sesuai dengan kebenaran semestinya, bukan menurut kebenaran pribadi atau menurut dirinya sendiri.
  4. Bertanggung jawab yaitu kesediaan seseorang untuk menanggung segala sesuatu yang telah menjadi konsekuensinya.
  5. Rasional dan realistis yaitu analisa terhadap suatu masalah, suatu hal, sesuatu kejadian dengan mengunakan pemikiran yang diterima oleh akal dan sesuai dengan kenyataan (Wicaksono, 2009).

Karakteristik individu yang mempunyai kepercayaan diri

Beberapa Ciri atau karakteristik individu yang mempunyai rasa percaya diri yang proporsional, diantaranya:

  1. Percaya akan kompetensi atau kemampuan diri.
  2. Tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis demi diterima oleh orang lain atau kelompok.
  3. Berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain.
  4. Punya pengendalian diri yang baik.
  5. Memiliki internal locus of control (memandang keberhasilan atau kegagalan, tergantung dari usaha diri sendiri dan tidak mudah menyerah pada nasib atau keadaan serta tidak tergantung atau mengharapkan bantuan orang lain).
  6. Mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri, orang lain dan situasi di luar dirinya.
  7. Memiliki harapan yang realistik terhadap diri sendiri, sehingga ketika harapan itu tidak terwujud, ia tetap mampu melihat sisi positif dirinya dan situasi yang terjadi.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwasannya rasa kepercayaan diri dapat kita bentuk atau kita tingkatkan dangan cara Latihan serta berpikir positif.


Daftar Pustaka

  • Setyobroto, Sudibyo. (2002). Psikologi Olahraga. Jakarta: P.T. Anem Kosong Anem.
  • Wicaksono, Danang. (2009). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi belajr Sebagai Akibat dari Latihan Bolavoli Terhadap Prestasi Belajar Atlet di Sekolah. Tesis Magister, Yogyakarta: PPs UNY.


Posting Komentar untuk "Ciri Atlet Yang Mempunyai Kepercayaan Diri"