Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Seseroang

Teknik Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri secara umum merupakan bagian penting dan karakteristik keperibadian seseorang yang dapat memfasilitasi kehidupan seseorang. Kepercayaan diri yang rendah akan memiliki pengaruh negatif terhadap penampilan seseorang atau atlet, nah dalam artikel ini akan saya sampaikan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri seseorang maupun atlet.

cara meningkatkan kepercayaan diri

a. Relaksasi

Relaksasi adalah teknik mengendorkan semua otot dan pikiran yang tegang. Melalui relaksasi, seseorang akan merasa dirinya lebih nyaman. Oleh karena itü atlet tersebut akan lebih mudah dalam mengontrol setiap gerak tubuhnya. Terkontrolnya setiap gerak tubuh akan membuat atlet tersebut merasa yakin dengan penampilannya.

b. Persiapan dan Program yang kompetitif

Persiapan menjadi kunci dasar setiap atlet untuk bisa tampil optimal. Persiapan yang dimaksudkan dişini adalah persiapan baik fisik, teknik, taktik dan mental. Persiapan harus disesuaikan dengan kebutuhan kompetisi. Persiapan yang baik adalah yang mampu mendekatkan atlet ke situasi pertandingan sesungguhnya. Peran pelatih untuk menentukan program yang tepat sangat Vital dalam hal ini.

c. Latihan mental

Latihan mental disebut juga dengan Psychological Skili Training. Di sebut latihan mental karena pada dasamya kondisi mental seperti halnya kondisi fisik seseorang yang mengalami naik turun. Latihan mental mencakup: Imagery atau visualisasi, Self talk, relaksasi, dan goal setting. Latihan harus dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang panjang.

d. Modelling

Modelling adalah proses belajar dengan menggunakan model sebagai acuan. Modelling ini bisa terjadi dimana saja dan kepada siapa saja. Salah satu teknik modelling sederhana yang bisa diterapkan dalam proses latihan adalah menggunakan pelatih sebagai model. Jadi pelatih yang harus menjadi contoh dan model bagi para atlet. Oleh karena itu, seorang pelatih harus mampu mendemonstrasikan gerakan-gerakan olahraga tersebut serta mampu menjadi contoh yang baik. Selain pelatih, atlet-atlet yang sudah lebih matang dan berprestasi bisa menjadi model. Tidak harus bertemu secara langsung, tapi menggunakan video atau dengan foto-foto akan membuat atlet merasa dirinya cukup yakin bahwa dia mempunyai teknik seperti yang digunakan oleh idolanya.

e. Konsentrasi

Latihan konsentrasi adalah elemen yang cukup penting baik dalam kecemasan, motivasi maupun kepercayaan diri. Melalui konsentrasi yang prima, seorang atlet akan lebih terfokus dengan apa yang harus dilakukan ketimbang mengingat-ingat kelemahan yang dimilikinya.

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dapat di tingkatkan dengan cara relaksasi, persiapan dan program yang kompetitif, latihan mental, modeling, dan kosentrasi, untuk lebih jelasanya tetang pemahaman keprcayan diri silakan cari mengenai definisi kepercayaan diri dan deminsi kepercayaan diri


Daftar Pustaka

  • Clifton, R. T. & Gill, D. L. (1994). Gender differences in self-confidence on a femine-typed taks. Journal of sport & Exercise Psyhology, 16, 150-162.
  • Setyobroto, Sudibyo. (2002). Psikologi Olahraga. Jakarta: P.T. Anem Kosong Anem.
  • Weinberg, Robert. S & Gould, Daniel. (2003). Foundation of sport & exercise psychology, third edition. Champaign, II: Human Kinetics Publishers, Inc.


Posting Komentar untuk "5 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Seseroang"