Latihan Renang: Gerak Meluncur dan Gerakan Pukulan Kaki Pada Renang Gaya Bebas

Latihan Gerak Meluncur dan Pukulan Pada Kaki Renang gaya Bebas

Mungkin kita semua sudah mengetahui bahwa untuk pembelajaran renang sangat sulit terlaksana karena terkendala dengan tempat (kolam renang), alat dan fasilitas. Kalau kita akan mengajar dasar-dasar gerakan renang, contohnya gerakan meluncur dan gerakan pukulan kaki pada renang gaya bebas tentu harus ada alat bantu yang kita buat memodifikasinya.

latihan gerak meluncur

Menurut Haller (1982) dasar dalam belajar berenang meliputi pengenalan terhadap air (masuk dan berada dibawah air), naik turun, mengapung, mendorong diri, meluncur  dan  berdiri  lagi  kemudian  bergerak  sambil  mengapung  dengan  deskripsi sebagai berikut (masuk dalam air, posisi dibawah air, naik turun, mengapung, mendorong diri, meluncur dan berdiri lagi, bergerak sambal mengapung.
Belajar berenang sebaiknya dimulai  dengan  mengenalkan  terlebih  dahulu  sifat-sifat  air  terhadap  tubuh,  bahwa  air pada  prinsipnya  mempunyai  karakteristik  tersendiri  lebih-lebih  pada  waktu  tubuh beraktivitas di air.

Gerakan Meluncur
Setiap gaya renang didasarkan pada prinsip meluncur di atas permukaan air, dan selain keyakinan yang kuat, untuk dapat belajar berenang seseorang harus mampu meluncur. Meluncur merupakan dasar dari gerakan renang dan terapung di air, meluncur menjadi modal awal dalam belajar renang. Belajar renang dimulai dengan belajar meluncur. Tanpa dapat meluncur dengan baik, kita tidak dapat belajar dengan baik. Adapun Langkah-langkahnya dalam Latihan meluncur yaitu: berdiri di pinggir kolam dengan posisi membungkuk kea rah air, bungkukan badan ke dalam air, posisikan kedua lengan lurus kedepan, tekuk salah satu kaki hingga telapak menempel pada dinding kolam, dorong kaki sekuat mungkin hingga meluncur.

Gerakan Pukulan Kaki
Tendangan  kaki  itu  biasanya  disebut  tendangan  mengipas-ngipas,  ketika  kaki secara  bergantian digerakan  ke  atas  dan  ke  bawah.  Gerakannya  dimulai  dari pangkal paha dan meneruskannya hingga kejari kaki. Lutut dan pergelangan kaki jangan membengkok terlalu besar, ia lebih merupakan bengkokan santai. Jari-jari kaki  harus  secara  wajar  mengarah  ke  dalam  saling  berhadapan.  Tendangan mengibas-ngibas   membantu   perenang   maju   ke   depan.   Namun   gerakan   itu terutama  membantu  keseimbangan  dan  memantapkan  tubuh  yang  cenderung berputar  serta gerakan  ayunan  tangan.

Alat Bantu Renang
Alat  bantu  adalah  benda  yang  dapat  membantu  sesuatu,  sehingga  tujuannya dapat   dicapai dengan lebih   mudah   dan   gampang,   dengan   demikian   alat   bantu pendidikan  adalah  benda atau  alat yang  dapat  di  gunakan  untuk  membantu  pendidik  dalam   memenuhi   segala   tujuan pembelajaran (Hamid,   2011). Benda yang digunakan  sebagai  alat  bantu  pembelajaran  renang crawl  stroke adalah  papan  luncur (Apriliyanto  dan  Hartoto,  2017).  Alat  bantu  papan  seluncur dapat  digunakan dengan cara  dipegang  ditangan  untuk  memudahkan  siswa  untuk  melakukan meluncur  dalam posisi  yang steam line, dan memudahkan pengambilan pernapasan serta  gerakan kaki.

Papan  luncur merupakan  alat  bantu yang  digunakan  untuk  mempermudah siswa dalam pembelajaran renang. Papan  luncur  terbuat  dari  plastik  atau  spon.  Alat  ini  biasanya  digunakan saat  belajar meluncur  sehingga  terapung  di  air,  dapat juga  dengan  sirip  kaki  katak.

Contoh latihanya dengan papan luncur yaitu pegang papan luncur di depan diatas permukaan air, Bersama dengan mengangkat kedua tungkai ke permukaan air hingga posisi tubuh terangkat ke permukaan iar.

Contoh dengan pelampung yaitu badan tiduran tengkurap diatas pelampung, tungkai menghempas-hempas air sehingga laju tubuh kedepan seperti meluncur.


Sumber: Hasil Diskusi Sesi 6 Tuton Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PDGK4208)

Posting Komentar untuk "Latihan Renang: Gerak Meluncur dan Gerakan Pukulan Kaki Pada Renang Gaya Bebas"