Pendidikan Kesehatan: Pengertian, Tujuan dan Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan di Sekolah

Pendidikan Kesehatan

Pengertian Pendidikan Kesehatan
Pendidikan Kesehatan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik agar dapat tumbuh kembang sesuai, selaras, seimbang dan sehat fisik, mental, sosial dan lingkungan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan atau Latihan yang diperlukan bagi peranannya saat ini maupun di masa yang akan datang. Menurut Undang-Undang No. 9 tahun 1960, Bab I Pasal 2 tentang pokok-pokok kesehatan, kesehatan adalah keadaan yang meliputi kesehatan badan, rohani (mental) dan social, dan bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Sedangkan menurut WHO “Health is defined as a state of complete physical, mental, and social wellbeing and not merely the absence of disease or infirmity”.

Pendidikan kesehatan adalah proses perubahan perilaku yang dinamis di mana perubahan tersebut bukan sekedar proses dinamis di mana perubahan tersebut merupakan proses transfer materi/teori dari seseorang ke orang lain dan pula seperangkat prosedur, tetapi perubahan tersebut terjadi karena adanya kesadaran dari dalam diri individu, kelompok, atau masyarakat sendiri (Nurul, 2009).

Tujuan Pendidikan Kesehatan
Tujuan pendidikan kesehatan adalah untuk mengubah perilaku masyarakat yang tidak sehat menjadi sehat. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan anggapan bahwa manusia selalu
dapat belajar dan berubah (pada umumnya manusia dalam hidupnya selalu berubah untuk menyesuaikan diri terhadap hidupnya selalu berubah untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitar), perubahan yang terjadi dapat di induksikan. Pendidikan kesehatan sangat diperlukan sebagai dasar untuk kegiatan dalam kesehatan masyarakat menuju masyarakat sehat jasmani, rohani, sosial dan ekonomi. Tujuan Pendidikan Kesehatan di dalam lingkungan sekolah ialah agar peserta didik:

  1. Memiliki pengetahuan tentang ilmu Kesehatan, termasuk cara hidup sehat dan teratur.
  2. Memiliki nilai dan sikap yang positif terhadap prinsip hidup sehat.
  3. Memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan, dan perawatan Kesehatan.
  4. Memiliki kebiasaan dalam hidup sehari-hari yang sesuai dengan syarat Kesehatan.
  5. Memiliki kemampuan untuk menalarkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Memiliki pertumbuhan termasuk bertambahnya tinggi badan dan berat badan yang seimbang.
  7. Mengerti dan dapat menerapkan prinsip-prinsip pengutamaan pencegahan penyakit dalam kaitannya dengan Kesehatan dan keselamatan dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari luar.
  9. Memiliki tingkat kesegaran jasmani dan derajat Kesehatan yang optimal serta mempunyai daya tahan yang baik terhadap penyakit.

Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan
Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan dalam Pendidikan diberikan melalui kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan Pendidikan melalui kegiatan kurikuler adalah pelaksanaan Pendidikan Kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan garis-garis besar program pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan sosial.
Pelaksanaannya dilakukan melalui peningkatan pengetahuan, penanaman nilai dan sikap positif terhadap prinsip hidup sehat dan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan dan perawatan Kesehatan. Materi Pendidikan Kesehatan di sekolah yang masuk dalam sains yaitu: kebersihan dan Kesehatan pribadi, makanan bergizi, Pendidikan Kesehatan reproduksi, dan pengukuran tingkat kesegaran jasmani.

Kesimpulan
Pendidikan Kesehatan merupakan upaya yang diberikan berupa bimbingan atau tuntunan kepada peserta didik tentang Kesehatan yang meliputi yaitu aspek kesehatan pribadi (fisik, mental, dan sosial) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
Tujuan yang ingin dicapai dari pendidikan Kesehatan yaitu agar para peserta didik bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah. Selain itu, mereka juga diharapkan memiliki keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan Pemeliharaan, Pertolongan, dan Perawatan Kesehatan.

 

Daftar Pustaka:

  • Ananto, P. (2006). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.
  • https://ditsmp.kemdikbud.go.id/pentingnya-pendidikan-kesehatan-di-sekolah-bagi-peserta-didik/ 
  • Nurul dan Mubarak, Wahid Iqbal. (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.


Posting Komentar untuk "Pendidikan Kesehatan: Pengertian, Tujuan dan Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan di Sekolah"