Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Tips Dalam Menjaga Kesehatan Tulang

Cara menjaga Kesehatan tulang 

Tulang merupakan organ dengan struktur keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia dan perlu kita jaga karena renta keropos jika tidak dijaga, tulang yang lemah dan keropos akan lebih mudah mengalami retak bahkan patah, terlebih bila terjadi cedara pada tulang.
Fungsi tulang sangat banyak tidak hanya untuk bergerak tetapi tulang juga berperan dalam pembentukan struktur tubuh, melindungi organ tubuh dan menyimpan kalsium, jadi kita harus menjaga kesehtan tulang dan mempertahankan kekuatan dengan cara lakukan dengan gaya hidup sehat.

8 tips dalam menjaga kesehatan tulang

Apa yang perlu dilakukan untuk menjaga Kesehatan tulang?
Dalam menjaga Kesehatan tulang perlu kita perhatikan bahwa agar tulang tetap sehat dan kuat , penting bagi kita dalam menjaga Kesehatan tulang sejak dini.
Berikut ini adalah beberapa cara dalam menjaga Kesehatan tulang yang mudah untuk kita lakukan, yaitu dengan berolahraga, tidak melewati sarapan, berjemur dibawah sinar matahari pagi, membatasi  konsumsi minuman beralkohol dan merokok, kurangi konsumsi kafein, menginsumsi suplemen, jaga berat badan ideal dan batasi asupan garam
 
 
1.  Berolahraga secara rutin
Kesehatan merupakan bagian penting dari kehidupan seseorang. Menjaga Kesehatan dapat dilakukan dengan berolahraga, karena sudah terbukti dapat menyehatkan  badan. Seseorang yang kurang berolahraga dapat membuat otot dan tulang menjadi lemah. Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang jarang berolahraga lebih renta mengalami masalah pada tulang misalnnya, osteoporosis.
Olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang dapat meingkatkan kandungan mineral tulang. Olahraga yang baik untuk meningkatkan Kesehatan tulang selain lari, senam, jalan santai adalah olahraga dengan intensitas tinggi dan repitisi rendah seperti olahraga menggunakan beban.
 
2. Tidak melawati sarapan
Mungkin masih banyak dari kita yang sering melewatkan sarapan. Sarapan pagi merupakan kegiatan yang peting, agar tubuh kita medapat nutrisi dan energi agara dapat melakukan kegiatan atau kativitas sehari-hari. Sarapan pagi yang baik harus mengandung karbohdrat, protein (nabati atau hewani), vitamin dan mineral.
Dalam menjaga Kesehatan tulang, kita harus memilih menu yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Sumber makanan berkalsium tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, kacang tanah, kedelai, keju, susu, yoghurt serta sereal yang yang diperkaya dengan Kalsium. Semtara, vintami D dapat kita peroleh melalui telur, miyak ikan, ikan salmon dan jamur. Serta lengkapi dengan pola makanan sehat bergizi seimbang, dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk menjaga Kesehatan dan kekuatan tulang kita.
 
3. Berjemur di bawah sinar mata hari pagi
Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Jika seseorang kekurangan vitamin D, orang itu renta mengalami kekurangan kalsium seingga tulangnya akan mudah keropos.
Paparan sinar matahari pagi mensintesa lemak menjadi Vitamin D yang akan membantu penyerapan kalsium dalam usus serta membantu transfer kalsium melintasi membrane sel sehingga memperkuat tulang.
Berjemur tepat sebelum jam 9 pagi  selama 10-15 menit dapat menghasilkan jumlah vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. Cobalan mulai dari sekarang untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.
 
4. Membatasi  konsumsi minuman beralkohol dan merokok
Kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat, seperti sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Kebiasaan seperti mengkonsumsi alkohol dapat mengurangi Kesehatan serta dapat meningkatkan risiko osteoporosis, dan kebiasaan merokok juga dapat memicu terjadinya osteoporosis. Seseorang yang merokok jika mengalami patah tulang maka butuh lebih lama untuk proses sembuh atau nyambung pada tulang.
Merokok selain berdampak buruk bagi Kesehatan jantung dan paru-paru, merokok juga dapat menyebabkan osteoporosis, karna zat-zat yang terkadung di dalam rokok seperti nikotin dapat menghambat produksi sel pembentukan tulang.
Kebiasaan tersebut juga dapat membuat tubuh lebih renta mengalami kekurangan vitamin D dan Kalsium sehingga tulang akan lebih rapuh. Jadi dalam menjaga Kesehatan tulang, kita disarankan untuk menjahui minuman yang beralkohol dan menghetikan kebiasan merokok.
 
5. Kurangi konsumsi kafein
Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salah satu faktor terjadinya kurang baik terhadap Kesehatan tulang kita. Kandungan kafein dalam kopi dapat mengurangi penyerapan Kembali kalsium di dalam ginjal, seihingga kalsium keluar Bersama urin. Berberapa studi mengatakan bahwa seseorang dengan kebiasaan minum kopi tiap hari lebih tinggi terhadap resiko osteoporosis.
 
6. Menginsumsi suplemen
Tidak hanya mengonsumsi makanan yang bergizi, kita juga bisa memenuhi asupan Kalsium dan Vitamin D dengan mengkonsumsi suplemen untuk menjaga Kesehatan dan Kepadata tulang. Suplemen juga baik dikonsumsi oleh Wanita yang telah mengalami menopause, Karena mengalami perubahan hormone di masa tersebut bisa menyebabkan struktur jaringan tulang menjadi lemah.
Pada orang yang sudah dewasa membutuhkan asupan kalsium antara 1.000 – 1.200 milligram per hari, sedangkan untuk asupan vitamin D sebanyak 12-20 mokrogram sekitar 600-800 IU perhari.
Jadi, dalam menentukan dosis suplemen kalsium dan Vitamin D agar sesuai kebutuhan, kita dapat bertanya kepada ahli gizi atau dokter tulang terlebih dulu.
 
7. Jaga berat badan ideal
Berat badan ideal itu peting untuk di jaga guna mempertahankan kekuatan dan Kesehatan tulang. Orang dengan berat badan berlebih berisiko besar terhadap serangan berbagai penyakit terutama penyakit degeratif atau noninfeksi. Beberapa studi orang yang berat badan berlebihan (overweight), obisitas atau kurang berat badan ikut berperan dalam resiko terjadinya kerusakan dan cedera pada tulang. Jadi kita disarankan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal guna melindungi Kesehatan tulang.
 
8. Batasi asupan garam
Terlalu banyak dalam mengonsumsi garam juga dapat berakibat fatal yaitu mengakibatkan penyakit tulang yakni osteopososis. Mengkonsusmsi garam yang berlebihan akan meningkatkan system kerja ginjal untuk mengeluarkan kalsium melalui urine. Ginjal yang kehilangan mineral kalsium pada tubuh untuk dikeluarkan  akan menggatinya dari kalsium yang berada pada tulang, jadi lama kelamaan massa tulang akan berkurang sehingga tulang menjadi mudah keropos.
 
Beberapa cara di atas dapat kita lakukan untuk menjaga Kesehatan tulang, dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang serta pola hidup yang sehat merupakan kunci utama untuk menjaga Kesehatan, kekuatan dan kepadatan tulang kita hingga usia lanjut.

Posting Komentar untuk "8 Tips Dalam Menjaga Kesehatan Tulang "