Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Senam Lantai dan Senam Artistik Serta Penjelasannya

Senam Lantai dan Senam Artistik Serta Penjelasannya

1. Dalam senam dibutuhkan kualitas fisik dan motoric. Jelaskan mekanisme kualitas fisik dan motorik tersebut! 

Kualitas fisik dalam senam sangat diperlukan karena kualitas fisik, seperti kelentukan, kekuatan, power, daya tahan merupakan factor penting yang harus dimiliki oleh pesenam untuk dapat berhasil dalam menguasasi senam. Hal tersebut mengandung arti bahwa tanpa adanya factor di atas maka prestasi senam seseorang akan terhambat.
Kualitas fisik yang dimaksud perlu dibedakan antara kualitas fisik pembawaan (nature) dan kualitas fisik yang berkembang oleh Latihan (murture). Dalam senam sangat diperlukannya factor-faktor di atas secara inheren, maka keterlibatan seseorang dalam olahraga senam secara intens akan mampu meningkatkan kualitas fisik. Berikut merupakan mekanisme kualitas fisik dan motoric dalam senam meliputi:

a. Kelentukan (Flexibility)
kelentukan merupakan salah satu komponen fisik yang sangat penting dalam kaitannya dengan prestasi senam. Dalam Bahasa inggris, istilah flexibility sering juga disamakan dengan suppleness dan join mobility, yang artinya adalah jarak kemungkinan gerak dari suatu perssendian atau kelompok sendi. Artinya, seberapa besar jarak yang dicapai, semakin baik kelentukan dari sendi.

b. Kekuatan (Strength)
Kekuatan merupakan sejumlah daya yang dapat dihasilkan oleh suatu otot Ketika otot itu berkontraksi. Kekuatan dapat ditingkatkan dengan menambah beban yang bisa diatasi otot secara progresif sehingga otot tersebut menyesuaikan kekuatannya pada beban itu dengan cara menambah ukuran yang diistilahkan dengan hypertrophy. Dengan pengertian tersebut tidak digunakannya otot untuk masa tertentu bisa berarti penurunan ukuran otot yang bersangkutan, yang umumnya disebut dengan istilah antropy.

c. Daya ledak (power)
Power merupakan kombinasi dari kekuatan dan kecepatan. Kekuatan mengukur kemampuan untuk mengangkat bebannya dan kecepatan mengukur kecepatan mengangkat beban. Untuk menampilkan sejumlah kerja berat secara cepat memerlukan power. Pentingnya power adalah suatu atribut fisik yang paling dominan yang diperlukan dalam senam. Keterampilan senam bergantung pada kualitas fisik yang satu ini adalah hal bahwa persenam harus menggerakkan tubuhnya atau bagian tubuh secara cepat sehingga memerlukan kekuatan dan kecaptan secara simultan.

d. Daya tahan (endurance)
Dalam senam, dayat tahan otot tidak begitu penting dalam keterampilan senam, ia hanya penting untuk bisa bertahan dalam kegiatan senam, baik Latihan maupun pertandingan yang memakan waktu lama. Ketika melakukan keterampilan seseorang harus melakukan banyak ulangan dan terus-menerus. Dengan daya tahan otot yang baik, waktu Latihan yang labih lama akan dapat ditempuh dan sedikit waktu istirahan yang diperlukan.

e. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah istilah yang digunakan untuk menerangkan kemampuan atau ketidakmampuan seseorang untuk memlihara equilibrium, baikyang bersifat statis, seperti dalam posisi diam, bisa juga bersifat dinamis. Pentingnya keseimbangan dalam senam, yaitu sangat bergantung pada kualitas keseimbangan yag pada hakikatnya beberapa peralatan senam pun membuat pelaksanaan gerakannya sangat ditentukan oleh kemampuan keseimbangan yang di atas rata-rata.

2. Dalam senam lantai ada tiga gerakan dominan, yaitu posisi statis, putaran, dan lompatan. Jelaskan cara melakukan ketiga gerakan tersebut!

Keterampilan senam dalam senam lantai banyak dibangun oleh berbagai macam pola gerak domain, diantaranya, yaitu posisi statis, lompatan, layangan, putaran dan pendaratan. Dalam senam lantai ada tiga gerakan dominan, yaitu posisi statis, putaran, dan lompatan.

a. Posisi Statis
Posisi statis memberikan jalan masuk yang cocok ke dalam berbagai keterampilan senam lantai yang berbasiskan akrobatik, terutama keseimbangan. Posisi statis mengembangkan kekuatan, kelentukan, pelurusan postur tubuh yang baik, kesadaran tubuh umum dan pengaturan tubuh. Macam-macam posisi satatis dasar, yaitu duduk dalam jongkok, duduk dengan benatuk V, bertumpu depan, tumpu belakang, kayang dengan kaki lebih tinggi, sikap lilin, headstand, handstand. Contoh cara melakukan Gerakan kayang yaitu: (1) sikap pemula berdiri, kedua tangan menumpu pada pinggul, (2) kedua kaki ditekuk, siku tangan ditekuk, kepala dilipat kebelakang, (3) kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan, (4) posisi badan melengkung Bagai busur.

b. Putaran
Putaran merupakan dasar dari Gerakan tumbling dan akrobatik. Putaran dalam senam digolongkan dalam tiga jenis putaran, yaitu (1) putaran yang berporos transversal, contoh guling depan, salto, (2) putaran yang berporos longitudinal, contoh guling samping badan lurus, (3) putaran yang berporos medial atau berporos anterior, contoh baling-baling. Contoh dari gerkan putaran: Gerakan Guling ke dapan (forward roll) yaitu: (1) sikap permulaan jongkok, kedua tangan menumpu pada matras selebar bahu, (2) kedua kaki diluruskan, siku tangan ditekuk, kepala dilipat sampai dagu menyentuh dada, (3) mengguling ke depan dengan mendaratkan teguk terlebih dahulu dan kedua kaki dilipat rapat pada dada, (4) kedua tangan melemaskan tumpuan dari matras, pegang mata kaki dan berusaha bangun, (5) Kembali berusaha bangun.

c. Lompatan 
Lompat merupakan sebuah seri keterampilan yang digabung secara berangkai untuk menghasilkan sebuah hasil akhir dalam sebuah rangkaian. Sebagaimana halnya sebuah rangkaian, hasil akhir pun lebih banyak ditentukan oleh bagian-bagian yang membangunnya. Keuntungannya adalah bahwa manyoritas elemen keterampilan dalam rangkaian merupakan elemen yang sangat umum terdapat dalam rangkaian lompatan lain. Karena keterampilan tersebut akan dipelajari secara terus-menerus dan akan bersifat alamiah. Adapun keterampilan-keterampilan dalam rangkaian lompatan yaitu sebagai berikut: lari awalan, persiapan menolak, tolakan pada papan tolakan, layangan pertama, tolakan tangan pada badan kuda, layangan kedua, pendaratan.

3. Senam alat atau artistik yang sering diperlombakan yaitu senam gelang-gelang, kuda lompat, kuda pelana, palang sejajar, palang bertingkat, dan palang tunggal. Jelaskan keenam senam alat tersebut!

Senam artistic adalah senam Gerakan yang cepat dan ekplosif, pada umumnya menojolkan kelentukan dan keseimbangan dan dilakukan dengan Gerakan yang agak lambat, dilaksanakan secara terkontrol yang mampu memberikan pengaruh mengejutkan dan mengundang rasa keidahan. Berikut ini merupakan senam artistic yang sering diperlombakan yaitu:

a. Senam gelan-gelang (Ring)
Gelang-gelang adalah alat berupa dua buah lingkaran seperti gelang Dimana pesenam dapat menggantung kepadanya. Kedua lingkaran ini dihubungkan dengan dua ulas tali sehingga memungkinkan alat ini menggantung dan mengayun. Gerakan pada gelang-gelang sebagain besar dibentuk oleh dua jenis gerkan mengayun dan bertumpu.

b. Kuda lompat (Vaulting Table)
Kuda lompat merupakan alat bantu yang digunakan pesenam dalam melakukan gerkan lompat jongkok, lompat kangkang, lompat menyudut (stop vault), lompat lurus (hect valut), lompat lenting lengan (handspring vault)

c. Kuda pelana
Merupakan nomor tersulit dalam senam artistic putra. Walaupun sensasinya kalah jauh dibandingkan dengan dua alat pertama. Rangkaian Gerakan dalam kuda pelana dirancang dari Gerakan melingkar di sekitar bagian kuda, baik pada pelananya maupun pada kulitnya (leather). Gerakan melingkar terdiri dari dua macam yaitu: flank atau double leg circle dan Thomas flair.

d. Palang Sejajar (Pararel Bar)
Palang sejajar adalah suatu alat yang fleksibel yang dapat distel dalam berbagai cara. Untuk suatu kejuaraan, alat ini mempunyai panajng 330 cm , tinggi 175 cm, dan mempunyai kelebaran antara kedua palangnya sekitar 40-50 cm. palang sejajar digunakan oleh pesenam laki-laki.

e. Palang Bertingkat 
Palang bertingkat adalah suatu alat yang fleksibel yang dapat distel dalam berbagai cara. Untuk kejuaraan, alat ini digunakan untuk pesenam putri, mempunyai Panjang 330 cm, tinggi palang pertama antara 175-205 cm, dan palang kedua lebih rendah antara 135-175 cm, di antara dua palang ini mempunyai kelebaran dengan jarak 90 cm.

f. Palang Tunggal (Horozontal Bar)
Gerakan dalam palang Tunggal merupakan Gerakan yang menantang dan sangat atraktif. Alatnya berupa sebilah palang yang dipasang dalam ketinggian, maka diperlukan keberanian untuk melakukannya. Gerkan yang dapat ditampilkan Ketika kejuaraan dunia adalah Gerakan-gerakan yang komplesk, yang hanya diperbolehkan tanpa adanya sentuhan dari bagian badan lain, kecuali kedua tangan yang memengang palang.


Referensi:

  • Subarjah, Herman, dkk.  (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Posting Komentar untuk "Senam Lantai dan Senam Artistik Serta Penjelasannya"