Pendidikan Jasmani Untuk Perkembangan Fisik dan Intelektual

Pendidikan Jasmani Di Sekolah Sebagai Upaya Untuk Perkembangan Fisik dan Intelektual

Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses Pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk menghasilkan perubahan menyeluruh, baik dalam hal fisik, mental, serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, makhluk total, daripada hanya menganggapnya sebagai seorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya. Secara sederhana bahwa Pendidikan jasmani itu merupakan proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak. Selain belajar dan mendidik melalui gerak untuk mencapai tujuan pengajaran, dalam pengalaman itu terbentuk perubahan dalam aspek jasmani dan rohaninya. Selanjutnya, pelaksaan pengajaran Pendidikan Pendidikan jasmani diarahkan pada pemberian kesempatan yang seluas-luasnya untuk melakukan gerak dengan harapan siswa dapat aktif dan pada gilirannya membantu perkembangan kebugaran jasmaninya.

Pendidikan Jasmani Untuk Perkembangan Fisik dan Non Fisik

Proses Pendidikan jasmani mencakup kegiatan Latihan atau pelasanaan tugas-tugas pembelajaran yang dilakukan secara berulang-ulang, dengan demikian anak akan mampu menggunakan tubuhnya secara efisien, bahkan didasarkan pada pemahaman. Sedangkan dampak lebih labih lanjut adalah anak memiliki kebiasaan dan ketrerampilan untuk mengisi waktu luangnya dan kelak dengan keterampilan yang dimilikinya diharapkan dapat dilakukan sepanjang hayatnya.

Pendidikan jasmani merupakan Pendidikan yag dapat di uraikan sebagai berikut:

  1. Satu-satunya mata Pelajaran di sekolah yang fokusnya dalah pada badan, aktivitas jasmani, dan perkembangan fisik.
  2. Membantu anak untuk mengembangkan respek terhadap badanya, baik yang dimilikinya maupun orang lain.
  3. Mengembangkan anak kebiasaan aktif yang penting bagi perkembangan Kesehatan dan menjadi landasan bagi gaya hidup sehat setelah dewasa.
  4. Mengembangkan pemahaman tentang peranan aktivitas jasmani aerobic dan anaerobic untuk meningkatkan Kesehatan.
  5. Memberikan sumbangan bagi perkembangan kepercayaan diri self esteem pada anak.
  6. Mendorong perkembangan kognitif dan sosil, memberikan sumbangan bagi pengembang keterampilan Pendidikan yang findamental, seperti baca, tulis, dan prestasi akademik.
  7. Merupakan satu-satunya alat (kesempatan) yang disediakan kepada semua anak apapun kemampuannya, jenis kelamin, usia, budanya, agama atau latar belakang sosial mereka dengan ketermapilan, pengetahuan dan pemahaman untuk berpartisipasi dalam Pendidikan jasmani dan olahraga sepanjang hayat.
  8. Mempersiapkan anak untuk dapat mengatasi kompetisi-kompetisi, kemenangan atau kekalahan, kooperasi dan kolaborasi.
  9. Merupakan kontribusi yang bermakna bagi pengembangan keterampilan sosial dan terhadap perkembangan moral serta setetika.
  10. Memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuan professional dan dikemudian hari dalam olahraga, kativitas jasmani, rekreasi dan waktu senggang, sebuah wilayah dari kesempatan vokasi yang semakin berkembang. 

Berdasarkan beberapa uraian tentang Pendidikan jasmani yang dikemukakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan merupakan proses Pendidikan yang didalamnya terdapat aktivitas fisik melalui program pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan perubahan menyeluruh yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada dasarnya Pendidikan jasmani memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap perubahan siswa, terutama pada kebugaran jasmani, perubahan sikap, dan perubahan pada kemampuan memahami dalam aspek kognitif. Oleh sebab itu, dalam kaitannya dengan pengertian yang mendalam, terdapat tiga kunci definisi secara umum Pendidikan jasmani, yaitu (1) Pendidikan, (2) pengetahuan dam keterampilan, (3) bergerak.

Pendidikan jasmani adalah proses Pendidikan melalui aktivitas jasmani dalam usaha untuk membentuk manusia seutuhnya sesuai dengan tujuan Pendidikan ini oleh Bloom dibagi menjadi tiga domain/ranah kemempuan intelektual (intellectual behaviors) yang diadopsi dalam Pendidikan jasmani, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik termasuk pula dalam pembelajaran Pendidikan jasmani.


  • Subarjah, Herman, dkk.  (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.


Posting Komentar untuk "Pendidikan Jasmani Untuk Perkembangan Fisik dan Intelektual"