Cara Memegang Raket Pada Permaian Bulu Tangkis

3 Cara Memegang Raket Pada Permainan Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket bulu tangkis terbagi menjadi tiga cara yaitu;Western atau cara forehand, Backhand, dan Shakehand atau pegangan kombinasi. Dari ketiga cara ini tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

permainan bulu tangkis

Permainan bulu tangkis dikenal sebagai permainan yang banyak menggunakan pergelangan tanggan. Oleh karena itu untuk memulai belajar permainan bulu tangkis harus benar dahulu cara pengangnnya. Karena benar tidaknya cara memengang raket akan sangat menentukan hasil pukulan seseorang.

Pada beberapa literatur dikenal beberapa cara pengangan raket yang dialkukan pemain, yaitu yang disebut pengangan western (American grip), cara pengangan continental (backhand grip) dan cara shakehand grip (jaba tangan atau sering pula disebut pengangan forehand) serta kombinasi antara ketiga cara pengangan tersebut

1. Western atau cara forehand
Dipegang dengan bagian tangan antara ibu jari dan teunjuk menempel pada bangian permukaan raket yang dipengang. Di kalangan masyarakat cara pengang ini disebut pengangan geblek Kasur. Para pebulutangkis top dunia tidak menggunakan cara pengangan ini

Kelebihan : Untuk melakukan pukulan forehand tidak perlu memutar pegangan raket
Kekurangannya : Mengalami kesulitan dalam mengembalikan bola yang ada di depan net.                                                       
2. Backhand
Raket dipegang dalam posisi miring. Pada waktu memegang raket ibu jari berada di bagian belakang tangkai raket, sedangkan jari-jari tangan diletakkan di bagian depan.

Kelebihan : Memukul shuttlecock dengan pegangan ini dapat menghasilkan arah bola yang sulit diduga. Bola yang dipukul dapat berjalan cepat dan keras

Kekurangan : Dengan pegangan ini pemain akan mengalami kesulitan jika mengembali bola keras yang arahnya ke samping kanan badan. Pukulan bola keras dari lawan yang arahnya ke tubuh juga sulit untuk dikembalikan.

3. Shakehand atau pegangan kombinasi
Raket yang dipegang dalam posisi miring. Jari telunjuk diletakkan di bagian depan menghadap ke ujung raket, ibu jari memangkul di tangkai raket di sisi belakang dan jari-jari yang lain ditekuk di bawah tangkai raket.

Keuntungan : Pegangan combination grip mudah mengubah tangkai raket menyesuaikan arah datangnya bola. Pegangan ini campuran antara jenis pegangan forehand grip dan backhand grip.

Kelemahan dari pegangan combination grip adalah pegangan combination grip sulit dicermati. Sebab pegangan raket combination grip mudah untuk melakukan pukulan bola yang datangnya ke arah tubuhnya karena pegangan ini ibu jari mudah digeser.


Sumber: Hasil Diskusi Sesi 5 Tuton Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PDGK4208)

Posting Komentar untuk "Cara Memegang Raket Pada Permaian Bulu Tangkis"