Desain Latihan Dasar Keterampilan Bola Voli

 Bentuk Latihan Dasar Keterampilan Bola Voli

  1. Permainan bola voli dimainkan oleh enam orang dalam satu regunya. Untuk memainkannya dibutuhkan kerampilan, baik secara kelompok maupun perorangan (individu). Berkaitan dengan hal tersebut maka dalam sesi latihannya harus didesain sedemikian rupa yang mengarah pada keterampilan individu atau kelompok (kerjasama). Bagaimana pendapat Anda?
  2. Ada bentuk latihan dasar keterampilan yang bisa digunakan untuk meningkatkan keterampilan teknik bola voli,  latihan teknik dilakukan secara sendiri dan juga dilakukan berpasangan. Berikan minimal satu contoh bentuk latihan teknik bola voli secara individu dan berpasangan
bentuk latihan dasar permainan bola voli

Permainan bola voli adalah suatu jenis olah raga permainan. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan yang masing-masing regu terdiri dari enam pemain, setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati di atas jaring atau net dan mencegah pihak lawan dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapanganny. Permainan bola voli menurut Sukintaka (1983) adalah memainkan bola dengan mem-voli dan menjatuhkan bola di dalam lapangan permainan lawan, dengan melewati bola di atas net dan mempertahankan agar bola tidak jatuh dalam lapangan permainan sendiri. Di dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik seperti: passing atas, passing bawah, servis, blok, smash.

Dalam Latihan bola voli seorang pelatih harus medesain jenis Latihan permainan bola voli yang mengarah keketerampilan individu setiap permain, supaya pemain lebih terlatih dan mudah menguasai Teknik dalam permainan bola voli. Maka dari itu saya berpendapat Ketika seorang pelatih yang mendesain Latihan yang mengarah keketerampilan bermain bola voli baik secara individu ataupun kelompok, itu sangat baik karna berdampak positif bagi keterampilan soorang pemain bolavoli.

Bentuk Latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keterampilan Teknik permainan bola voli bisa dilakukan dengan cara;

Passing bawah
Passing bawah adalah upaya pemain dalam permainan bola voli untuk menghalau bola menggunakan kedua tangan yang disatukan agar tidak jatuh. Cara melakukan passing bawah adalah dengan posisi jongkok, kedua tangan lurus ke depan dan disatukan membentuk sudut 45 derajat di depan dada, gerakan saat bola datang adalah meluruskan tangan menjadi 90 derajat dan mendorong bola membentuk parabola. Teknik dasar atau keterampilan gerak dasar passing bawah dikatakan sangat penting untuk dikuasai, passing bawah berguna untuk mengoper bola dengan benar ke teman sebagai fondasi untuk serangan awal menuru.

Latihan ini dapat dilakukan secara individua tau berpasangan, contohnya yaitu:

Secara berpasangan:

  1. Formasi dapat dialkukan secara berhadapan.
  2. Dapat dilakukan secara berpasangan atau secara kelompok sesuai jumlah bola dengan jarak siswa kurang lebih 3 meter.
  3. Dapat dilakukan pasing dengan melewati net secara berpasangan.
Secara individu:
  1. Dapat dilakukan dengan passing mengahadap ke diding.
  2. Pemain melambungkan bola keatas kemudian passing berulang-ulang.

Passing atas
Passing atas merupakan Gerakan memberikan bola kepada rekan satu tim, ada beragam variasi atau kombinasi Gerakan passing yang bisa dilakukannya, satu diantara passing atas. Jenis Latihan yang bisa dilakukan secara individua tau berpasangan, yaitu:

Secara berpasangan:

  1. Dapat dilakukan dengan cara berpasangan dan kelompok sesuai jumlah bola dengan jarak siswa kurang lebih 3 meter.
  2. Formasi dapat dilakukan secara berhadapan atau membentuk segiempat.
  3. Dapat dilakukan passing dengan melewati net berpasangan.
Latihan secara individu:
  1. Pemain melambungkan bola keatas kemudian passing atau oper bola melewati net.
  2. Lakukan setiap kagiatan tersebut6 smapai 8 kali pengulangan.
Smash
Smash adalah suatu bentuk serangan yang digunakan pemain voli dalam upaya memperoleh nilai. Smash adalah bentuk serangan yang sering digunakan pada permainan bola voli untuk menyerang kepada lawan untuk memperoleh angka atau poin. Proses spike ini ada beberapa tahapan yaitu ada awalan, meloncat, memukul dan mendarat.

Latihan ini dapat dilakukan secara individua tau berpasangan, contoh latihanya yaitu:
Secara berpasangan:

  1. Formasi dapat dilakukan secara berhadap-hadapan.
  2. Dapat dilakukan secara berpasangan dan berkelompok sesuai dengan jumlah bola yang ada dan dengan jarak antara kurang lebih 3 s.d 5 meter.
Secara individu:
  1. Pemain melambungkan bola keatas kemudian di smes bola melewati net
Servis
Servis merupakan langkah awal dalam pembukaan permainan bola voli. Selain bertujuan sebagai pembuka permainan atau cara memulai permainan sekaligus merupakan usaha untuk mendapatkan angka oleh suatu regu, kegagalan atau kesalahan dalam servis berarti hilanglah kesempatan bagi regu itu untuk mendapatkan angka menurut pendapat. Terdapat dua servis yang paling umum untuk diketahui yaitu: 1. Servis atas , 2. Servis bawah.

Latihan ini dapat dilakukan secara individu maupun berpasangan, contohnya yaitu:
Secara berpasangan (formasi dapat dilakukan secara berhadapan), dapat dilakukan servis dengan melewati net secara berpasangan. Secara individu (pemain melambungkan bola keatas kemudian sevis bola melewati net.


Sumber: Hasil Diskusi Sesi 4 Tuton Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PDGK4208)

Posting Komentar untuk "Desain Latihan Dasar Keterampilan Bola Voli"