Faktor-faktor Keberhasilan dalam Pembelajaran

Dalarn pelaksanaan pembelajaran, banyak variabel yang kesuksesan seorang guru. Penguasaan dan keterampilan guru dalam penguasaan materi pembelajaran dan strategi pembelajaran tidak menjadi untuk mampu meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Secara ada beberapa variabel, baik teknis maupun nonteknis yang berpengaruh daim keberhasilan proses pembelajaran, di dalam artikel ini akan di bahas mengenai apa saja yang menjadi penunjang keberhasilan siswa dalam pemebelajaran.

  1. Kemampuan guru dalam membuka pemebelajaran
  2. Kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan inti pembelajaran
  3. Kemampuan guru melakukan penilaian pembelajaran
  4. Kemampuan guru menutup pembelajaran
  5. Factor penunjang Latihan

Kemampuan Guru dalam Membuka Pembelajaran
Pada awal proses pembelajaran dan begitu seorang guru memasuki ruang kelas sudah selayaknya seorang guru harus mengucapkan salam pada semua siswa yang ada di kelas dan berdoa bersama siswa. Jangan sampai seorang guru begitu masuk kelas langsung memulai pembelajaran tanpa mengucapkan salam dan berdoa bersama siswa. Demikian pula setelah mengucapkan salam dan berdoa, guru hendaknya memeriksa kehadiran siswa. Setelah kegiatan tersebut selesai, barulah seorang guru memulai pembelajaran.

Faktor-faktor Keberhasilan dalam Pembelajaran
Dalam setiap mulai pembelajaran guru harus menjelaskan tujuan/ kompetensi yang ingin dicapai, dan manfaatnya bagi kehidupan siswa, pada tahap ini juga harus mampu mengaitkan isi pembelajaran yang akan dibahas dengan pembelajaran terdahulu yang telah dipelajari siswa. Proses mengaitkan dan menghubungkan pengetahuan awal (prior knowledge) yang dimiliki siswa dengan isi pembelajaran yang akan dibahas sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Kegiatan Inti Pembelajaran
Kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang paling berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Baik buruknya keterampilan guru dalam kegiatan inti, menunjukkan baikburuknya hasil belajar siswa. Beberapa faktor yang berhubungan dengan kegiatan inti pembelajaran, antara lain:
a. Kemampuan guru dalam menerapkan strategi pemeblajaran
b. Ketepatan isi/ materi pemeblajaran yang disampaikan guru, dan
c. Kemampuan guru menguasai kompetensi yang diajarkan

Guna mengetahui kernampuan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran, maka pertanyaan berikut dapat dijadikan indikator tentang tingkat keberhasilan guru dalam tahap inti.
  • Apakah strategi pembelajaranyang digunakan guru mampu merangsang dan mendorong siswa aktif mengalami dan melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan yang ingin dicapai?
  • Apakah strategi yang digunakan guru mendorong dan melibatkan siswa untuk bekerja sama dengan siswa lainnya?
  • Apakah strategi yang digułłakan guru mampu mendoror urttuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman siswa?
  • Apakah strategi yang digułłakan guru mampu mendoror urttuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman siswa?
  • Apakah strategi yang digunakan guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan?
Di samping itu, ketepatan isi/ materi pembelajaran yang disampaikan guru juga menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembelajaran. Guna mengetahui hal tersebut maka pertanyaan berikut dapat dijadikan indikator tentang tingkat ketepatan isi/ materi pembelajaran.
  • Apakahisi pembelajaranyang disajikan sesuai dengankompetensi dasar dan indikator dalam kurikulum?
  • Apakah secara teoretis dan empiris isipembelajaran yang disajikanakurat atau benar?
  • Apakah isi pembelajaran dijabarkan dan dikembangkan dari kompetensi dasar dan indikator dalamkurikulum secara memadai?
Demikian pula untuk mengetahui kemampuan penguasaan kompetensi guru, pertanyaan berikut dapat dijadikan indikator tentang tingkat penguasaan kompetensi.
  • Apakah guru telah menguasai dan dapat mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui contoh-contoh atau pemodelan?
  • Apakah guru mampu memberikanbalikan dan model secarajelas terhadap perilaku pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang seharusnya?
  • Apakah guru mampu merespons pertanyaan dan komentar siswa secara tepat dan memadai?
Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Pembelajaran
Untuk mengetahui apakah siswa telah menguasai kompetensi yang telah ditetapkan maka seorang guru dituntut untuk mampu mengadakan penilaian, Guna mengetahui kemampuan guru melakukan penilaian pembelajaran, pertanyaan berikut dapat dijadikan indikator penilaiannya.
  • Apakah guru mendorong siswa untuk mengungkapkan dan menyimpulkan apa yang telah dipelajarinya?
  • Apakah guru melakukan penilaian dengan alat yang sesuai dengan kompetensi dan kinerja yang jelas?
  • Apakah guru memberi kesempatan pada siswa melakukan penilaian diri  sendiri (selfassessment) dan/ atau penilaian antarteman (peer assessment)?
  • Apakah guru menggunakan assessment authentic dalam proses pembelajaran?
Dengan dilakukan penilaian terhadap proses pembelajaran, maka siswa akan mengetahui kemampuannya secara jelas sehingga siswa dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Demikian pula dengan kegiatan penilaian, amat penting bagi seorang guru karena dari hasil evaluasi yang dilakukan seorang guru dapat mengetahui seberapa jauh tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Di samping itu, dengan evaluasi seorang akan dapat memahami kelemahan-kelemahan strategi pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan demikian, evalııasi sekaligus juga menjadi salah satu teknik untuk memperbaiki program pembelajaran.

Kemampuan Guru Menutup Pembelajaran
Keterampuan menutup pembelajaran sangat penting bagi seorang guru. Pada akhir pembelajaran guru sering menutup pelajaran hanya dengan menyatakan bahvva pelajaran sudah berakhir. Menutup proses pembelajaran bukan sekadar mengeluarkan pernyataan bahwa pelajaran sudah berakhir. Untuk mengetahui kemampuan guru dalam proses penutupan pembelajaran, pertanyaan berikut dapat dijadikan indikator penilaiannya.
  • Apakah guru memberikan umpan balik dan atau kesimpulan terhadap materi yang diajarkan?
  • Dalam memberi umpan balik dan atau kesimpulan, apakah guru telah menghubungkan isi pembelajaran dengan isu-isu dan teknologi yang berkembang di masyarakat?
  • Apakah guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah?
  • Dalam memberi tugas apakah guru telah mengembangkan masalahmasalah baru untuk pengembangan konsep yang sudah dikuasai siswa?
  • Apakah guru melakukan pemantapan terhadap perolehan belajar siswa?
Faktor Penunjang
Di samping variabel-variabel seperti yang telah dijelaskan di atas, masih ada beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan guru dalam menerapkan suatu strategi pembelajaran. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Kemampuan guru menggunakan bahasa secara jelas dan mudah dipahami siswa.
  • Sikap yang baik, santun, dan menghargai siswa.
  • Kemampuan mengorganisasi waktu yang sesuai dengan alokasi yang disediakan.
  • Cara berbusana dan berdandan yang sopan sesuai dengan norma yang berlaku.
Kesimpulan
Dalam pelaksanaan pembelajaran ada beberapa variable, baik teknis maupun non teknis yang berpengaruh dalam keberhasilan proses pembelajaran, beberapa variable tersebut antara lain yaitu: kemampuan guru dalam membuka pembelajaran, kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan inti pembelajaran, kemampuan guru melaksanakan penilaian pembelajaran, kemampuan guru menutup pembelajaran, dan factor penunjang lainnya.

Posting Komentar untuk "Faktor-faktor Keberhasilan dalam Pembelajaran"