14 Cara Menjaga Kebersihan Diri Agar Terhidar Dari Berbagai Penyakit

Kebersihan Diri
Pengertian Kebersihan Diri

Kebersihan diri atau yang sering disebut personal hygine merupakan suatu Tindakan ntuk memelihara kebersihan ataupun Kesehatan seseorang untuk kesejahteraan fisik dan psikisnya. Kebersihan perorangan sangat penting untuk diperhatikan. Pemeliharaan kebersihan perorangan diperlukan agar individu lebih nyaman, aman dan sehat.

kebersihan diri

Tujuan Kebersihan Diri
Kebersihan diri yaitu untuk mempertahankan perawan, diri, baik secara mandiri maupun dengan bantuan, dapat melatih hidup dengan cara memperbaiki pandangan terhadap Kesehatan dan kebersihan, serta menciptakan penampilan yang sesuai dengan Kesehatan dan kebersihan. Tujuan dari kebersihan diri antara lain:
1. Dapat meningkatkan derajat Kesehatan seseorang
2. Memelihara kebersihan diri seseorang
3. Memperbaiki kebersihan diri yang kurang
4. Bisa meningkatkan kepercayaan diri
5. Menciptakan keindahan

Anda perlu menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar karena beberapa alasan,
1. Alasan sosial
Dalam menjaga kebersihan diri dapat membantu kita menghindari dari citra tubuh yang negatif. Siapa si yang mau ngobroal dengan seseorang, terutama Ketika yang diajak ngobrol seseorang yang bauk badan, bauk mulut, bauk ketiak, gigi kuning atau pun hal yang berkaitan dengan tubuh anda?

2. Alasan Kesehatan
Pola hidup sehat yang bukur bisa meningkatkan resiko anda terkena berbagai penyakit, misalnya diare ataupun infeksi lainya.
Penyakit yang bisa menyerang jika kebersihan diri anda tidak terjaga dengan baik, misalnya demam, infrksi kulit, cacingan, gigi berlubang, hepatitis, tifus, dan lain-lain. Dengan menjaga kebersihan diri, kita dapat mencegah terkena dari berbagai pennyakit yang sudah dissebutkan tadi.

3. Alasan psikologis 
Prilaku hidup sehat dan bersih yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri, terutama ddialam situasi sosial.

Faktor-faktor yang Memepngaruhi  Kebesihan Diri
Kebersihan, merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, karena kebersihan dapat mempengaruhi Kesehatan dan psikis seseorang, yaitu:

1. Praktik Sosial
Menjaga kebersihan diri dapat membantu kita mengahidari citra tubuh yang negative dalam lingkungan sosial. Dalam praktik sosial kita tidak bisa lepas antara satu dengan kelompok individu lainya. Kondsi seperti ini akan memungkinkan anda untuk berhubungan, berinteraksi, dan bersosialisasi satu dengan yang lain.

2. Pilihan Pribadi
Setiap individu pasti memiliki waktu sendiri dalam menentukan waktu bercukur, mandi, dan mengurus rambut, hal ini dasarkan oleh selera pribadi, kebutuhan dan dana atau biaya seseorang.

3. Citra tubuh
Citra tubuh merupakan dasar subjektif seseorang tentang penapilan fisiknya, tubuh ini dapat sering berubah. Citra tubuh dapat juga di maknai sebagai gambaran individu terhadap dirinya sangat mempengaruhi kebersihan diri, missal karena adanya perubahan fisik sehingga individu tidak perdulu dengan kebersihan dirinya.

4. Status Sosial Ekonomi
Biasanya stutus ekonomi seseorang mempengaruhi jenis dan tingkat praktik Kesehatan. Sosial ekonomi yang rendah memungkinkan Kesehatan perorangan yang rendah pula.

5. Pengetahuan
Pengetahuan sangat lah penting karena pengetahuan yang baik dapat meningkatkan Kesehatan.

6. Kebudayaan
Seseorang yang memiliki latar kebudayaan yang berbeda mengikuti praktek perawatan diri yang berbeda.

7. Kondisi fisik
Pada saat kondisi sedang sakit tentu kemampuan anda untuk merawat diri berkurang, sehingga memerlukan bantuan untuk merawat diri.

Cara Menjaga Kebersihan Diri
Bila mana selama ini kalian telah melakukan berbagai aktivitas dalam menjaga kebersihan diri berikut ini, berate kalian termasuk dalam golongan orang yang bersih. Apabila anda belum melakukan hal penting dibawah ini, maka anda bisa mulai dari sekrang.

1. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir
Salah satu menjaga pola hidup sehat yaitu dengan cara mencuci tangan pakai sabun dan mengunakan air meangalir. Karena sebagai besar tertular infeksi melalui tangan. Oleh karena itu mencucilah tangan dengan sabun dan air mengalir untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel ditangan mati, sehingga kebersihan diri tetap terjaga.
Sebaiknya kita lakukan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama pada saat.
a. Sesudah menggunakan toilet
b. Sebelum dan sesudah makan
c. Setelah memeng hewan
d. Sesudah berkebun
e. Seudah membersihkan lingkungan rumah
f. Sebelum menyusui
g. Berada di sekitar seseorang yang sedang batuk atau pilek

Pilihlah hand was yang mengandung oleo vera yang memiliki fungsi tahambahan untuk membuat kulit menjadi lembut. Untuk yang memiliki kulit sensitif, pililah hand wash yang memiliki kandungan allergen-free fragrance. Dengan begitu, kita tetap bisa menjaga kebersihan serta kelembutan kulit tangan. Ketika tidak ada air maupun sabun, bisa juga gunakan pembersih tangan seperti hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk tangan.

2. Sikat gigi pagi dan malam hari / kebersihan gigi dan mulut
Gigi dan mulut meripakan bagian penting yang harus dipertahankan kebersihanya, dengan mengosok gigi dapat membersihkan gigi dari plak, bakteri, bau mulut, dan infeksi pada gigi lainnya. Menyikat gigi secara benar dan teratur setidaknya dilakukan dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.
Pada pagi hari biasanya mulut kitab au dikarenakan air liur tidak dibuat saat kita sedang tidur. Sedangkam pada saat malam hari, produksi air liur kita berkurang sementara bakteri perusak gigi lebih katif saat malam hari.
Menjaga Kesehatan diri melalui kesehtan gigi dan mulut secara optimal, kita perlu sikat gigi minimal dua kali sehari dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan menganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali atau disaat sikat gigi sudah mulai using. Pastikan juga bahwa menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida.

3. Jaga kebersihan kuku tangan dan kaki
Menjaga keberishan kuku merupakan salah satu aspek penting dalam mempertahankan Kesehatan diri karena bagian kuman dapat masuk ke dalam tubuh melalui kuku.
Oleh sebab itu, kalian perlu menjaga kebersihan diri dengan memperhatikan kuku dengan cara, yaitu.
  • Tidak mengigit maupun merobek kuku
  • Potonglah kuku disaat kuku sudah mulai Panjang dan gunakan pemotong kuku yang bersih untuk memotong kuku anda.
  • Ketika anda senang memlihara kuku Panjang, maka dianjurkan untuk membersihkan kuku secara rutin dengan air mengalir, pake sabun, dan sikat kuku untuk menggosok bagian bawah kuku saat menuci tangan.
4. Jaga kebersihan kaki
Menjaga kebersihan kaki sama seperti tangan. Terutama pada kuku jari kaki yang Panjang dapat mencakar kulit dan kuku jari kaki yang kotor dan dapat menyebabkan infeksi. Apalagi jika kalian menggunakan kaos kaki dan sepatu sepanjang hari atau kaos kaki dan sepatu yang sama, Selama berhari-hari, maka bateri akan berkembang biak di kulit kaki dan hal ini bisa menyebabkan bauk kaki yang tidak sedap.
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar kondisi kaki sebagai bagian dari kebersihan diri.
  • Selalu mencuci kaki secara rutin dan keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Hindari dalam menggunakan sepatu dan kaos kaki yang sama setiap hari ataupun menggunakan kaos kaki dan sepatu sepanjang hari.
  • Hindari dan jangan memakai sepatu saat kaki dalam keadaan masih basah karena hal ini membuat kaki lembab dan bakteri lebih mudah untuk berkembang.
5. Kebersihan rambut
Rambut yang terpelihara dengan baik akan menimbulkan kesan cantik, indah dan tidak berbauk apek. Rambut juga bagan dari tubuh yang harus di jaga kebersihannya, karna rambut memiliki fungsi proteksi dan mengatur suhu tubuh.
Perawatan kebersihan rambut agar terhindar dari kondisi-kondisi yang tidak kita inginkan, misalnya rambut rontok, kering, berketombe, bahkan menjadi sarang kutu.
Sebaiknya, dalam menjaga kebersihan rambut dapat anda lakukan dengan keramas. Anda tidak perlu keramas setiap hari, keramas minimal dilakukan 2 hari sekali, bisa juga 2 kali dalam semimggu, atau 2-5 kali dalam semnggu.
Keramas menggunakan sampo atau pembersih rambut, dapat menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Setelah selesai dibilas, keringkan rambut dengan handuk ynag bersih.

6. Kebersihan mata
Satu lagi bagian dari tubuh kita yang tak boleh terlewatkan adalah mata, dengan menjaga kebersihan telingga, maka akan terhidar dari berbagai infeksi mata. Ada baiknya juga dalam memberishkannya mengunakan obat tetes pembersih mata.
Menjaga Kesehatan dan kebersihan mata. Anda dapat melakukan dengan cara mengusap kotoran pada mata dari sudut mata bagian dalam ke sudut mata bagian luar mata dengan menggunakan kain yang lembut dan bersih serta melindungi mata dari kemasukan debu dan kotoran 

7. Kebersihan telinga
Telinga bagian tubuh kita yang harus senantiasa kita bersihkan. Telinga berfungsi sebagai pendengaran, jadi sangat peting bagi anda untuk selalu menjaga kebersihan telinga, karena telinga terdapat serumen ataupun kotoran yang menumpuk dan tidak dibersihkan, maka akan menggangu fungsi pendengaran.
Ada baiknya dalam menjaga kebersihan telinga dapat anda lakukan 1-2x dalam seminggu dan ada baiknya dengan menggunakan obat tetes pembersih telinga dengan kandungan hydrogen peroksida untuk Membersihkan telinga anda.
Pada saat pembersihan harus dilakukan dengan hati-hati dengan menggunakan alat yang bersih dan aman, hindara menggunakan cotton bud karena hal itu dapat mendorong kotoran telinga semakin ke dalam serta melukai gendang telinga anda.

8. Kebersihan hidung
Menjaga kebersihan diri lainya yaitu memperhatikan hidung anda. Karena hidung menjadi salah satu bagian dari tubuh kita yang terdepan dalam menahan berbagai bakteri dan virus jadi renta mengalami alergi, iritasi, bahkan terjadi infeksi.
Menjaga kebersihan hidung dapat kita lakukan dengan mengunakan kapas, sapu tangan atau tisu yang bersih dengan cara mengangkat sekresi hidung secara lembut.

9. Kebersihan kulit
Kulit merupakan salah satu bagian penting dari tubuh yang dapat melindungi tubuh kita dari kuman, sehingga diperlukan perawatan yang cukup. Kulit yang sehat yaitu kulit yang selalu bersih, halus dan tidak ada bercak-bercak merah, tidak kaku tetapi lentur.

10. Jaga kebersihan pakaian
Kebersihan pakaian merupakan kebersihan diri sendiri karena erat kaitannya denga napa yang kita pakai.
Baju yang kotor perlu kita cuci dengan mengunakan diterjen sampai bersih sebelum digunakan lagi dan pakaian yang sudah kita cuci digantung di bawah sinar matahari sampai kering. Karena sinar matahari dapat membunuh beberapa kuman penyakit yang bisa menyebabkan infeksi, dan sebaiknya sebelum baju dipakai diseterika terlebih dahulu untuk membunuh kuman yang tersisa serta baju lebih.

11.Mandi  setiap hari
Kegiatan yang padat terkadang membuat kita malas mandi, padahal dalam menjaga kebersihan diri dengan rutin mandi di daerah tropis seperti Indonesia sangatlah penting. Mandi menggunakan sabun membantu kita unyuk mengangkat sel-sel kulit mati, seperti bakteri, bahkan penumpukan minyak pada kulit kita.

12. Jaga kebersihan organ reproduksi
Menjaga kebersihan diri, tentunya kita tidak boleh melewatkan bagian tubu yang ini, yaitu alat kelamin. Akan tetapi banyak dari kita kurang menyadari pentingnya dalam menjaga kebersihan organ kelamin. Padahal keika kita memlihara kebersihannya, dapat terhiar dari berbagai jenis peyakit serta infeksi alat kelamin.
Terkhusus untuk bagian area intim, upayakan jagan mengunakan sabun untuk membersihkannya, karena sabun bisa menyebabkan iritasi pada kulit disekitar area kelamin. Ketika ingin menggunakan sabun, pilihlah produk sabun dengan bahan yang riingan dan tidak mengandung parfum.

13. Memilih makanan yang bersih
Makanan yang bersih! kebersihan makanan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari berbagi penyakit, seperti keracunan makanan atau cacingan.
Anda bisa melakukan hal yang sederhana seperti selalu mencuci tangan sebelum masak serta makan, mencuci peralatan masak dan makan, selalu mencuci sayur dan buah sebelum dikosumsi atau masak, jauhkan area dapur dari berbagai serangga, kecoa atau tikus untuk menjaga kebersihannya.

14. Memastikan keadaan rumah selalu bersih
Rumah yang bersih juga bagain dari menjaga kebersihan diri. Rajin membersihkan rumah kita dari debu dan kuman tidak mudah menumpuk Sehingga kita dan kelurga di rumah terhindar dari risiko terkena penyakit. Menjaga kebersihan rumah kita perlu memperhatikan tempat yang paling serimg dipengang secara langsung, seperti gang pintu, meja, kuris, saklar, remot, atau mainan anak. Kebersihan tempat tidur juga harus di peerhatikan, seperti dengan menganti seprai bantal, guling dan Kasur.
Kebersihan dapur pun tidak boleh luput dari perhatian kita karena hal ini juga berkaitan dengan kebersihan makanan yang dipersiapkan untuk keluarga.

Nah, inilah beberapa aktivitas rutin yang sangat penting yang bisa anda lakukan agar kebersihan diri tetap terjaga. Hal ini akan membuat anda terhindar dari berbagai penyakit dan juga bisa membuat kepercayaan diri di saat beraktivitas.

Posting Komentar untuk "14 Cara Menjaga Kebersihan Diri Agar Terhidar Dari Berbagai Penyakit"