Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tujuan Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar

Ada orang beranggapan bahwa pendidikan jasmani hanyalah kegiatan bersenang-senang atau bergembira saja. Padahal dengan melakukan kegiatan pendidikan jasmani di sekolah perlu dirancang dengan menargetkan tujuan-tujuan.Bagaiman pendapat Anda tentang hal tersebut? (materi diskusi sesi 1)

Saya kurang sependapat dengan hal itu karena kita harus memahami dulu mengenai definisi penjas itu sendiri serta tujuan yang ingin dicapai dan program dari Pendidikan jasmani itu sendiri.

tujuan pendidikan jasmani

Pendidikan jasmani pada hakekatnya adalah proses Pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik untuk mengahasilkan perubahan holistic dalam kualitas individu, baik dalam perubahan fisik, mental, serta emosional. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, makhluk total, bukan hanya menganggapnya sebagai seseorang yang terpisah kualitas fisik dan mentalnya. Tujuan Pendidikan jasmani sesungguhnya terdapat pada Pendidikan jasmani itu sendiri, di mana yang membedakan tujuan Pendidikan jasmani anatar jenis Pendidikan yang satu dengan yang lainnya adalah pelaku yang memainkan Pendidikan tersebut.

Pendidikan jasmani bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan keterampilan pengeloalaan diri dalam Upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani, pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar, dan banyak lagi tujuannya. Secara sederhana, Pendidikan jasmani memberikan kesempatan kepada siswa untuk:

  1. Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan aktivitas jasmani, perkembangan estetika, dan perkembangan sosial.
  2. Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menghasilkan keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani.
  3. Memperoleh dan mempertahankan derajat kebugaran jasmani yang optimal untuk melaksanakan tugas sehari-hari secara efisien dan terkendali.
  4. Mengembangkan nilai-nilai pribadi melalui pertisipasi dalam pendidikan jasmani baik secara kelompok maupun perorangan.
  5. Berpartisipasi dalam aktivitas jasmani yang dapat mengembangkan keterampilan sosial yang memungkinkan siswa berfungsi secara efektif dalam hubungan antar orang.
  6. Menikmati kesenangan dan keriangan melalui aktivitas jasmani, termasuk permaianan olahraga.

Sehubungan dengan pembelajaran Pendidikan jasmani, Lutan (2001) mengelompokan tujuan pembelajaran Pendidikan jasmani yaitu pengembangan keterampilan gerak dan kebugaran dan Kesehatan.


Referensi:
  • Subarjah, Herman, dkk.  (2022). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Posting Komentar untuk "Tujuan Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar"