Cara Memelihara Kesehatan Pribadi

cara memelihara kesehatan pribadi
 
Perliharalah selalu Kesehatan pribadi dengan sebaik-baiknya agar tubuh tetap sehat, mulai dari pemeliharaan Kesehatan kulit, kuku, rambut, mata, hidung, telinga, mulut dan gigi serta pakain.

Menjaga Kebersihan Kuli
Kulit memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga dan memelihara Kesehatan tubuh agar tetap sehat. Oleh sebab itu, Kesehatan kulit harus selalu terjaga dengan baik. Kulit yang sehat akan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Cara membersihkan kulit secara keseluruhan umumnya dilakukan dengan mandi, karena mandi berguna untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada permukaan kulit, menghilangkan bau keringat, erangsang peredaran darah dan syaraf, serta mengembalikan kesegaran tubuh.

Menjaga Kebersihan Kuku
Kuku yang kotor dapat jadi sarang penyakit yang selanjutnya dapat ditularkan kepada bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, baik kuku jari tangan maupn jari kaki harus selalu diperlihara kebersihannya.
Ciri-ciri kuku yang sehat yaitu: kuku tumbuh dengan baik, kuat, bersih dan halus.
Merawat kuku dapat dilakukan dengan memotong ujung kuku sampai beberapa milimeter dari tempat perlekatan antara kuku dan kulit, potongannya disesuaikan dengan bentuk ujung jari. Kemudian kikirlah tepi kuku yang teah dipotong agar menjadi rapi dan tidak tajam. Setelah kuku dipotong rapih, sebaiknya dilanjutkan dengan pencucian.
Untuk mencuci kuku sebaiknya digunakan air hangat, kemudian kotoran yang dibawa kuku dibersihkan dengan sikat sampai bersih seluruhnya setelah itu dikerngkan dengan lap atau handuk kecil yang kering dan bersih.

Memlihara Kebersihan Rambut
Menjaga kebersihan atau pemeliharaan rambut ada du acara yaitu dengan cara menyuci rambut dan memtong rambut, untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Pencucian Rambut
Dalam pencucian rambut sangat tergantung kepada hal-hal sebagai berikut, yaitu: tebal atau  tipisnya rambut, semakin tebal halus pula semakin sering dicuci, lingkungan atau tempat berada seseorang, misalnya pada lingkungan yang berdebu orang tersebut harus sering mencuci rambutnya, seseorang yang sering memakai minyak rambut harus sering pula mencuci rambutnya.

Pemangkasan dan Penyisiran Rambut
Pemangkasan rambut pada anak perempuan, ada pada waktu-waktu tertentu (misalnya 3 bulan atau 6 bulan sekali) rambut sebaiknya dipotong atau dipangkas sesuai bentuk kepala dan selera atau model yang diinginkan.
Pada anak laki-laki memangkas rambutnya bisa 1-2 bulan sekali atau menurut keadaan. Selanjutnya rambut disisir dengan rapi supaya tidak kusut dan mudah dirawat.

Memelihara Kebersihan dan Kesehatan Mata
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan dan kesejatan mata, antara lain:

  1. Mata sebaiknya dibersihkan setiap hari
  2. Sewaktu-waktu sebaiknya dibersihkan menggunakan kapas yang dibasahi boowwater 3% atau air yang sudah dimasak. Caranya ialah dengan menyapukan kapas mulai dari pinggir mata terus kearah tengan (menuju hidung). Lakukan hal ini berulang-ulang sampai mata terasa bersih.
  3. Jangan mengosok mata dengan tangan yang kotor, kain atau saputangan yang kotor atau saputangan orang lain.
  4. Pemeriksaan Kesehatan mata setahun sekali ke dokter spesialis mata atau ke petugas Kesehatan.
  5. Biasakan membaca pada tempat yang cukup terang dengan jarak antara mata dan objek yang dibaca tidak kurang dari 30 cm.
  6. Biasakan makan makanan yang banyak mengandung vitamin A.
  7. Berikan istirahat secukupnya bila telah melakukan pekerjaan yang melelahkan mata.

Memlihara Kebersihan Mulut dan Gigi
Mulut termasuk lidah dan gigi merupakan bagian dari alat pencernaan makanan. Mulut berupa suatu rongga yang dibatasi oleh jaringan lemak, dibagian belakang mulut terhubung dengan tenggorokan dan di bagian depan ditutup oleh bibir.
Gigi terdiri dari jaringan tulang keras terdapat pada rahang atas dan rahang bawah. Mulut dan gigi merupakan sastu kesatuan karena di rongga mulut, dengan membesihkan gigi berarti kita selalu membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan yang biasanya tertinggal di antara gigi atau pada gusi gigi , antara gigi serta gusi ini harus lebih diperhatikan kebersihanya.

Memakai Pakaian yang Bersih dan Serasi
Pakain yang dimaksud di sini meliputi pakain yang erat hubungannya dengan Kesehatan seperti kemeja, baju, celana, rok termasuk pakain dalam , kaos kaki, sepatu, sandal dan lain-lain. Kegunaan pakaian adalah untuk melindungi kulit dari kotoran yang bersal dari luar dan juga untuk membantu mengatur suhu tubuh, isalnya pakaian yang tebal dapat menahan, mengahalangi tubuh dari udara dingin sehingga orang yang bersangkutan tetap merasa hangat meskipun udara di sekitar sangat dingin.

Kesimpulan
Memlihara kesehatan diri sangatlah penting dan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal, dalam memelihara kesehatan diri kita bisa dlakukan dengan menjaga keberishan kulit, menjaga kebersihan kuku, memlihara kebersihan dan kerpaian rambut mislanya merapikan rambut, menjaga kebersihan mata dan kebersihan mulut dan gigi serta pakai pakaian yang bersih dan rapi agar diri kita terhidar dari segala penyakit.

Daftar Pustaka 

  • Ananto, P. (2006). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Bandung: CV. YRAMA WIDYA.

Posting Komentar untuk "Cara Memelihara Kesehatan Pribadi"