Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Media pemebelajaran
Media pembelajaran merupakan komponen integral dari sistem pembelajaran. Artinya media pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran. Tanpa media pembelajaran proses belajar mengajar tidak dapat terjadi dan tidak ada hasil belajar yang baik. Media dalam prespektif pendidikan merupakan instrumen yang sangat strategis dalam ikut menentukan berhasil dan tidaknya proses belajar dan mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap anak.
Media pembelajaran adalah hubungan komunikasi interaksi bisa berjalan lancar dan tercapainya hasil yang maksimal, apabila menggunakan alat bantu yang disebut media komunikasi. Media adalah alat yang digunakan untuk memindahkan sebuah informasi informasi atau sebuah pesan dari sumber yang kemudian disalurkan kepada penerima. Penyampaian suatu konsep pada peserta didik bisa tersampaikan dengan baik jika konsep yang digunakan mengharuskan peserta didik terlibat langsung didalamnya dari pada hanya membandingkan siswa untuk mengamati pembelajaran saja. media pembelajaran adalah media yang dapat menyampaikan pesan pembelajaran atau mengandung muatan untuk membelajarkan seseorang.

  1. Gerlach dan Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Namun pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung dapat diartikan sebagai alat-alat grafis, photografis, atau elektronis untuk menangkap, memproses, dan menyusun kembali informasi visual dan verbal.
  2. Oemar Hamalik (1989:12), media pembelajaran adalah suatu alat, metode, dan teknik yang digunakan dengan upaya agar lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses belajar mengajar di sekolah.
  3. Yudhi Munadi (2013:8) menyatakan bahwa media pembelajaran dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
  4. Daryanto (2011), media pembelajaran ialah segala sesuatu baik itu bersifat benda, manusia, maupun lingkungan sekitar yang bisa digunakan dalam menyampaikan atau menyalurkan pesan dalam proses pembelajaran sehingga hal tersebut mampu merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam proses pembelajaran yang berfungsi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
  5. Association for Education and Communication Technology (AECT), yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan menurut National Education Association (NEA) media didefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrumen yang dipergunakan dengan baik dalam proses pembelajaran, hal ini memengaruhi efektivitas program instruksional.
  6. Suprapto dkk (1986:4), menyatakan bahwa media pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu secara efektif yang dapat digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
  7. Sadiman (2008:7) menjelaskan media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan. Dalam hal ini adalah proses merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sehingga proses belajar dapat terjalin.
  8. Azhar Arsyad (2014:4), media pendidikan adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  9. Asyhar (2012:8) media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.


Dafatar Pustaka

  1. Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
  3. Hamalik, Oemar. (1989). Metodologi pengajaran ilmu pendidikan. Jakarta: Mandar Maju.
  4. Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung : PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
  5. Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran ( Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi

Posting Komentar untuk "Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli"