Pengertian Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif

Pengertian Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif

pengertian gerak fundamental lokomotor manipulatif

Menurut Lutan (2001) gerak lokomotor,manipulative dan nonlokomotor yaitu Gerak lokomotor yaitu merupakan aktivitas jasmani di mana keadaan tubuh berpindah dari posisinya kea rah mendatar (horizontal) atau ketas (vertical) dari satu titik ke titik lainnya dalam sebuah ruangan, sedangkan Gerakan Manipulatif merupakan aktivitas jasmani yang melibatkan Upaya pengerahan pada suatu objek, dan Upaya menerima daya dari objek, untuk gerak nonlokomotor itu sendiri yaitu merupakan aktivitas jasmani yang berupaya untuk menahan keseimbangan titik berat badan tetap jatuh pada bidang tumpu.

Pengertian Gerak Lokomotor
Gerak lokomotor, yaitu Gerakan yang ditandai dengan adanya perubahan posisi tubuh dari suatu titik ke titik yang lain atau Gerakan berpindah dari posisi tertentu ke arah tertentu. Pengelompokan gerak lokomotor dilakukan secara Bersama antara keseimbangan dengan pergerakan. Seseorang tidak akan dapat bergerak dengan baik tanpa memliki keseimbangan yang memadai. Oleh karena itu, setiap Gerakan lokomotor selalu membutuhkan nonlokomotor. Semakin baik nonlokomotornya, maka Gerakan tersebut semakin efisien.

Contoh nya dasar gerak lokomotor (satu elemen) yaitu jalan, lari, jingkat, loncat sedangkan untuk kombinasi contohnya meluncur dan memanjat.

Pengertian Gerak Non Lokomotor
Gerak non lokomotor yaitu kemampuan untuk mempertahankan suatu keadaan dalam keadaan statis atau seimbang walaupun dalam posisi yang tidak sesuai.. Posisi stabil merupakan dasar gerak yang berkenaan dengan kemampuan untuk mempertahankan suatu keseimbangan dalam hubungannya dengan kekuatan dan daya Tarik bumi. Kesetabilan merupakan dasar gerak yang paling mendasar untuk melakukan Gerakan sebagai acuan untuk melakukan gerak lokomotor dan manipulative.

Contohnya bergerak dalam poros (membungkuk, meregang, memutar, melintir, mengayun), poros tubuh statis dan dinamis (keseimbangan tegak, kesimbangan, sikap tubuh sungsang, berkelok-kelok, berguling, berhenti, bergerak cepat.

Pengertian Gerakan Manipulatif
Gerakan manipulative merupakan Gerakan yang berkaitan dengan pemberian poin tanaga pada objek dan menarik tenaga dari objek dengan mempergunakan tangan atau kaki. Dengan demikian, beberapa bentuk permainan bola kecil, seperti melempar bola, menagkap, dan memukul, termasuk gerak manipulative. Dalam melakukan gerak manipulative tidak dapat lepas dari adanya pengontrolan atas gerak tersebut melalui stabilitas dan lokomotor.

Contohnya melempar/meluncurkan objek (melempar, menendang, memukul, memantul, memvoli, menggelundung), menyerap daya (menangkap).


Sumber: Hasil Diskusi Sesi 3 Tuton Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PDGK4208)

Posting Komentar untuk "Pengertian Gerak Lokomotor, Non Lokomotor dan Manipulatif"