Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen
Setiap ahli memberikan pandangan yang berbeda tentang Batasan manajemen, karena itu tidak mudah memberi arti universal yang dapat diterima semua orang, namun demikian dari pikiran-pikiran ahli tentang definisi manajemen kebanyakan menyatakan bahwa manajemen merupakan suatu proses tertentu yang menggunakan kemampuan atau keahliah untuk mencapai suatu tujuan yang didalam pelaksanaannya  dapat mengikuti alur secara ilmiah dan dapat pula menonjolkan kekhasan atau gaya manajer dalam mendayagunakan kemampuan orang lain.

Pengertian Manajemen

Dengan demikian terdapat tiga focus untuk mengartikan manajemen yaitu:

  1. Manajemen sebagai suatu kemampuan atau keahlian yang selanjutnya menjadi cikal bakal manajemen sebagai suatu profesi. Manajemen sebagai suatu ilmu menekankan perhatian pada keterampilan dan kemampuan manajerial yang diklasifikasikan menjadi kemampuan/keterampilan teknikal, manusiawi dan konseptual.
  2. Manajemen sebagai proses yaitu dengan menentukan Langkah yang sistematis dan terpada sebagai aktivitas manajemen.
  3. Manajemen sebagai seni tercermin dari perbedaan gaya (style) seseorang dalam menggunakan atau memberdayakan orang lain untuk menapai tujuan.

Berikut ini merupakan definisi manajemen dari beberapa ahli yang mencerminkan ketiga focus tersebut.

  1. Encylopedia of the social sciences (1957) management my be defided as the process by which the execution of a give purpose is put into operation and supervised.
  2. Rue dan Byars (1996:9) management is a process that invalesguiding or directional group of people toward organizationl goals or objectivitas.
  3. Hersey dan Blanvhard (1988:144) merupakan suatu proses bagaimana pencapaian sasaran organisasi melalui kepemimpinan.
  4. Stoner (1992:8) manajemen merupakan proses perencanaan, penggorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  5. Millet (1954) management in the process of directing and facilitating in the work of people organization in formal grup to ahiave a desired goal.
  6. Balderton (1957) management is stimulating, and directing of human affort to utilize effectively materials and facilities to attain on objective.
  7. Terry (1972) management is getting things done through the effort of other people.
  8. Blanchard (2001:3) management as working with and through individuals and growth to accomplish organizational goals.
  9. Sudjana (2000:77) manajemen merupakan rangkaian berbagai kegiatan wajar yang dilakukan seseorang berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaannya memiliki hubungan dan saling keterkaitan dengan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan oleh orang atau beberapa orang yang ada dalam organisasi dan diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
  10. Manajemen sebagai suatu seni yang tercermin dalam pengertian yang dikemukakan American Society of mechanical Engineers: manajemen merupakan ilmu dan seni mengorganisasi dan memimpin usaha manusia, menerapkan pengawasan dan pengendalian tenaga serta memanfaatkan bahan alam bagi kebutuhan manusia. Management is the art and science of organizing and directing human effort applied to control the forses utilize the materials of nature for the benefit of man.
  11. Siswanto (2012:1) mengatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
  12. Subagyo (2001:1) manajemen adalah tindakan untuk mencapai tujuan yang dilakukan dengan mengkoodinasi kegiatan orang lain fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan manajemen meliputi perencanaan, staffing, koordinasi, pengarahan, dan pengawasan.
  13. Malayu S.P Hasibuan (2006 :2) adalah Ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Dengan demikian manajemen merupakan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan baik secara perorangan ataupun Bersama orang lain atau melalui orang lain dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara produktif, efektif dan efisien.


Daftar Pustaka

  • Hasibuan, Malayu S.P. (2006). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara. 
  • Mulyati, Yati. S & Komariah, Aan. (2015). Manajemen Skolah. .86-p.87, Manajemen Pendidikan, TIM Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indosesia. Bandung: Alafabet. 
  • Siswanto. (2012). Pengantar Manajemen: PT.Bumi Aksara, Jakarta 
  • Sudjana, Nana. (2000). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo 
  • Subagyo. (2001). Peranan Organisasi Dan Managemen Dalam Badan Peradilan, Makalah disampaikan dalam Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Profesionalisme bagi Pejabat Kepaniteraan, Jakarta. 
  • Tim Dosen Administrasi Pendidikan. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabet.

 

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli"