Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Silabus Pembelajaran Pengertian Isi dan Manfaatnya

Silabus Pembelajaran, Pengertian Isi dan Manfaatnya

Desentralisasi Pendidikan dalam bidang kurikulum menekankan prinsip Kesatuan dalam kebijakan dan keragaman dalam pelaksanaan. Kesatuan dalam kebijakan terwujud dalam ketetuan umum, standar kompetensi bahan kajian, beserta pedoman pelaksanaannya yang disusun secara nasional, dalam artikel ini akan kami bahas mengenai makna silabus, isi serta manfaat dari silabus itu sendiri.

silabus pembelajaran

Pengertian Silabus
Sebelum membahas rencana pembelajaran, terlebih dahulu harus dipahami tcntang silabus dan langkah pengembangannya, karena rencana pengajaran dikembangkan berdasarkan rumusan silabus yang telah ditetapkan.
Istilah silabus dapat didefinisikan sebagai Garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi pelajaran (Salim, 1987). Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian materi yang perlu dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kemampuan dasar.
Silabus adalah ancangan pembelajaran yang berisi rencana bahan ajar mata pelajaran tertentu pada jenjang dan kelas tertentu, sebagai hasil dari seleksi, pengelompokan, pengurutan, dan penyajian materi kurikulum, yang dipertimbangkan berdasarkan ciri dan kebutuhan daerah setempat.
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar (Yulaelawati, 2004).

Dalam kurikulum yang dimaksud dengan silabus adalah:

  • Seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas dan penilaian hasil belajar.
  • Komponen silabus menjawab: 1) kompetensi apa yang akan dikembangkan pada siswa?; 2) bagaimana cara mengembangkannya?; 3) bagaimana cara mengetahui bahwa kompetensi sudah dicapai/dikuasi oleh siswa?
  • Tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan kompetensi dasar menjadi perencanaan belajar mengajar.
  • Sasaran pengembangan silabus adalah guru, kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah kelompok guru, musyawarah guru mata pelajaran dan dinas pendidikan (Nurhadi, 2004).

Isi Silabus
Hubungan kurikulum dengan pengajaran dalam bentuk lain ialah dokumen kurikulum yang biasanya disebut silabus yang sifatnya lebih terbatas daripada pedoman kurikulum. Sebagaimana dikemukakan oleh Sumantri (1988) bahwa dalam silabi hanya tercakup bidang studi atau mata pelajaran yang harus diajarkan selama waktu setahun atau satu semester. Pada umumnya suatu silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
1.    Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan.
2.    Sasaran-sasaran mata pelajaran.
3.    Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik.
4.    Urutan topik-topik yang diajarkan.
5.    Aktivitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pangajaran.
6.    Berbagai teknik evaluasi yang digunakan.

Berkenaan dengan komponen silabus lebih rinci dikemukakan oleh Nurhadi (2004) bahwa silabus berisi uraian program yang mencantumkan: 1) bidang studi yang diajarkan; 2). tingkat sekolah/madrasah, semester; 3) pengelompokan kompetensi dasar; 4) materi pokok, 5) indikator; 6) strategi pembelajaran 7) alokasi waktu; dan 8) bahan/alat/media.

Manfaat Dari Silabus Pembelajaran
Silabus bermanfaat sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengeIolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan sistem peniiaian. Silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompctensi maupun satu kompetensi dasar. Silabus juga bermanfaat sebagai pedoman untuk merencanakan pengelolaan kegiatan belajar secara klasikal, kelompok kecil, atau pembclajaran secara individual. Demikian pula, silabus sangat bermanfaat untuk mengembangkan sistem penilaian, yang dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi sistem penilaian selalu mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.

Kesimpulan
Begitu pentingnya silabus pembelajaran sehingga dalam pelaksanaannya silabus dikembangkan oleh guru melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Kelompok Kerja Guru (KKG). Pengembangan silabus dilakukan dengan memperhatikan Langkah-langkah pengembangan dari silabus itu sendiri.


Daftar Pustaka

  • Masjid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.
  • Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004, pertanyaan dan jawaban. Jakarta: Grasido.
  • Sumantri, Mulyani. (1988). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Proyek LPTK.



Posting Komentar untuk "Silabus Pembelajaran Pengertian Isi dan Manfaatnya"