5 Keuntungan dan Kelemahan dari Berwirausaha

 Keuntungan dan Kelemahan dari Berwirausaha

Menumbuhkan Minat Berwirausaha

Semakin maju suatu negala semakin banyak orang yang terdidik, dan banyak pula orang menganggur, maka semakin dirasakan pentingnya dunia wirausaha. Pembangunan akan lebih berhasil jika ditunjang oleh wirausahawan yang dapat membuka lapangan kerja karena kemampuan pemerintah sangat terbatas. Pemerintah tidak akan mampu menggarap semua aspek pembangunan katena sangat banyak membutuhkan anggaran belanja,  personalia, dan pengawasan.

keutungan berwirausaha

Oleh sebab itu, wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri. Sekarang ini kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesia masih sedikit dan mutunya belum bisa dikatakan hebat, sehingga persoalan pembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan. Jika kita perhatikan manfaat adanya wirausaha banyak sekali,  Lebih rinci manfaatnya antara lain:

  1. Menambah daya tantpung tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi pengangguran.
  2. Sebagai generator pembangunan lingkungan, bidang produksi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, kesejahteraan, dan sebagainya.
  3. Menjadi contoh bagi anggota masyarakat lain, sebagai pribadi unggul yang pattit dicontoh, diĆ­cladani, karcna scorang wirausaha itu adalah orang tepuji, jujur, berani, hidup tidak merugikan orang lain.
  4. Selalu menghormati hukum dan peraturan yang berlaku, berusaha selalu menjaga dan membangun lingkungan.
  5. Berusaha memberi bantuan kepada orang lain dan pembangunan sosial sesuai dengan kenampuannya.
  6. Berusaha mendidik karyawannya menjadi orang mandiri, disiplin, jujur, tekun dalam menghadapi pekerjaan.
  7. Memberi contoh bagaimana kita harus bekerja keras, tetapi tidak melupakan perintah-perintah agama, dekat kepada Allah SWT.
  8. Hidup secara efisien, tidak berfoya-foya dan tidak boros.
  9. Memelihara keserasian lingkungan, baik dalam pergaulan maupun kebersihan lingkungan.

Para remaja ini menyatakan mereka sangat menyenangi kegiatan bisnis. Mereka akan terjun ke bidang bisnis karena pekerjaan bisnis cukup menjanjikan untuk masa depan. Untuk mengantisipasi pekerjaan bisnis, mereka mempersiapkan bekal, berupa sikap mental dan menguasai beberapa keterampilan yang menunjang. Banyak keterampilan yang harus dimiliki oleh remaja, seperti keterampilan mengetik manual, komputer, akuntansi, pemasaran, otomotif, elektronik, dan sebagainya. Makin banyak keterampilan yang dikuasai, makin tinggi minat bisnisnya dan makin banyak peluang terbuka untuk membuka berwirausaha.

Keuntungan dan Kelemahan Menjadi Wirausaha

Keuntungan menjadi wirausaha

  1. Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri.
  2. Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta poterisi seseorang secara penuh.
  3. Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat dan keuntungan secara maksimal.
  4. Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-usaha konkrit.
  5. Terbuka kesempatan untuk menjadi bos.

Kelemahannya

  1. Memperoleh pendapatan yang tidak pasti, dan memikul berbagai resiko. Jika resiko ini telah diantisipasi secara baik, maka berarti wirausaha telah  menggeser resiko tersebut.
  2. Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang.
  3. Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil, sebab dia  harus berhemat.
  4. Tanggung jawabnya sangat besar, banyak keputusan yang harus dia buat walaupun dia kurang menguasai permasalahan yang dihadapinya.

Kesimpulan

Sebagai pengusaha memberikan darma baktinya melancarkan proses produksi, distribusi, dan konsumsi, wirausaha mengatasi kesulitan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat. Sebagai pejuang bangsa dalam bidang ekonomi menimgkatkan ketahanan nasional, mengurangi ketergantungan pada bangsa asing. Demikian besar darna bakti yang dapat disumbangkan oleh wirausaha terhadap pembangunan bangsa, namun masih saja orang kurang berminat menekuni profesi tersebut. Penyebabnya dari kurang minat ini mempunyai latar belakang pandangan negative dalam masyarakat terhadap profesi wirausaha.


Refernsi:

  • Alma, Buchari. (2018). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabet.

Posting Komentar untuk "5 Keuntungan dan Kelemahan dari Berwirausaha"