Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Jalan dan Jenis-jenisnya

Berjalan

Jalan adalah suatu gerakan melangkahkan kaki ke segala arah. Gerakan jalan ini dapat diberikan dalam bentuk latihan berjalan secara bermain, baik itu kelompok kecil maupun kelompok besar. Jalan terdiri dari jalan cepat; jalan serempak; jalan di tempat; jalan mundur; jalan menyamping; dan jalan silang.

1. Jalan Cepat

Adalah suatu gerak langkah yang terus-menerus, sehingga kontak dengan tanah tidak pernah terputus. Pada periode melangkah di mana satu kaki harus berada di tanah (kaki tumpu), dan kaki ayun mendarat dengan tumit terlebih dahulu dan lutut harus lurus.

2. Jalan Serempak

Adalah suatu gerakan jalan berbaris yang dilakukan secara berkelompok yang jumlahnya lebih dari 1 (satu ) orang. Agar jalan serempak ini lebih dinamis, maka dapat dilakukan dengab berbagai variasi gerakan jalan, baik itu langkah tegap, Langkah ngeper, langkah silang, dan lain-lain.

3. Jalan di tempat.

Adalah suatu gerakan mengangkat lutut sejajar dengan tanah atau mengangkat lutut rendah. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan rasa atau irama langkah satu sama lain (pengembangan rasa gerak pada siswa). Bentuk pembelajaran jalan di tempat yang dapat diberikan pada siswa dalam bentuk bermain, mengenal mata angin –barat, timur, utara, dan selatan dan pengenalan arah kanan, kiri dan sebagainya.

4. Jalan Mundur

Adalah suatu gerakan mengangkat lutut, dilanjutkan dengan melangkahkan kaki ke belakang dan diikuti kaki berikutnya. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan rangsangan keseimbangan terhadap suatu kondisi, dan juga memberikan dan

merangsang rasa kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar. Di samping itu, juga menambah rasa percayaan diri bagi pertumbuhan anak. Bentuk pembelajaran jalan mundur dapat dilakukan dalam bentuk bermain, baik perorangan maupun kelompok.

5. Jalan Menyamping

Adalah suatu gerakan mengangkat kaki kanan ke samping kanan dan dilanjutkan kaki kiri merapat ke kaki kanan kanan dan sebaliknya. Gerakan ini bertujuan untuk merangsang kepercayaan diri dan mengembangkan perasaan gerak siswa. Bentuk pembelajaran yang dapat diberikan dapat berbentuk individu, kelompok kecil atau kelompok besar.

6. Jalan Silang

Adalah suatu gerakan mengangkat kaki kanan dan disilangkan lewat depan kaki kiri dan diletakkan di samping kaki kiri dan selanjutnya kaki kiri dilangkahkan ke samping kiri dan sebaliknya. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan atau merangsang keseimbangan dan rasa percaya diri siswa. Bentuk pembelajarannya dapat berbentuk individu, kelompok kecil atau kelompok besar.

7. Jalan Jinjit

Adalah sutu gerakan dengan bertumpu pada ujung kaki. Gerakan ini bertujuan untuk merangsang kekuatan pada otot tungkai dan mengembangkan keseimbangan siswa. Bentuk pembelajarannya dapat berbentuk individu, kelompok kecil atau kelompok besar. Untuk menambah wawasan siswa terhadap jalan yang benar, guru perlu memberikan bentuk jalan yang salah atau menyimpang dilihat dari sudut anatomis yang normal.


Referensi

  • Purnomo, Eddy & Dapan. (2017). Dasar-Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta: ALFAMEDIA.



Posting Komentar untuk "Pengertian Jalan dan Jenis-jenisnya"