Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Ublik Pendidikan Model pembelajaran kooperatif nampaknya merupakan jawaban atas pertanyaan tersebut. Pembelajaran kooperatif adalah kerja kelompok yang terkelola dan terorganisasikan sedemikian sehingga peserta didik bekerja sama dalam kelompok kecil untuk mencapai tujuan-tujuan akademik, effektif dan sosial. Dalam model pembelajaran kooperatif terdapat lima prinsip yang harus tercermin didalamnya.. lima prinsip tersebut adalah : 1) saling ketergantungan positif; 2) tanggung jawab perseorangan; 3) tatap muka; 4) komunikasi antar anggota; dan 5)evaluasi proses kelompok (Lie, 2000). Dalam menyelesaikan tugasnya, peserta didik yang satu membutuhkak peserta didik yang lain, karena mereka bekerja dalam satu team. Masing-masing peserta didik memiliki tanggung jawab untuk memberikan kontribusi pada kelompoknya.


Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang didalamnya mengkondisikan setiap siswa bekerja bersama-sama didalam kelompok-kelompok kecil untuk membantu satu sama lain dalam belajar. Pembelajaran kooperatif didasarkan pada gagasan atau pemikiran bahwa siswa bekerja secara bersama-sama dalam belajar, dan bertanggung jawab terhadap kegiatan aktivitas belajar kelompok mereka seperti terhadap diri mereka sendiri. Sistem pembelajaran kooperatif merupakan sistem pembelajarannya yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur. Pembelajaran kooperatif dikenal dengan pembelajaran secara berkelompok, akan tetapi dalam belajar kooperatif tidak lebih dari sekedar belajar kelompok atau kerja kelompok karena dalam belajar kooperatif ada struktur dorongan atau tugas yang bersifat kooperatif sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara terbuka dan hubungan yang bersifat independensi efektif diantara anggota kelompok.

Slavin (2008) pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya lima orang dengan struktur kelompok heterogen. Ppembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Secara umum pembelajaran kooperatif dianggap lebih diarahkan oleh guru, di mana guru menetapkan tugas dan pertanyaanpertanyaan serta menyediakan bahan-bahan dan informasi yang dirancang untuk membantu siswa menyelesaikan masalah yang dimaksudkan. Guru biasanya menetapkan bentuk ujian tertentu pada akhir tugas.

Referensi
  1. Lie, Anita. 2002. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.
  2. Mulyasa. 2008. Menjadi guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif DanMenyenangkan. Bandung:  Remaja Rosda Karya.
  3. Slavin, R, E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pembelajaran Kooperatif"

Posting Komentar