Pengalaman


Pengalaman merupakan guru yang sangat baik. Melalui pengalaman pribadi seseorang pribadi dapat menemukan jawaban dari berbagai pertanyaan yang timbul. Misalnya, seseorang yang sering bepergian ke luar daerah tertentu memiliki pengalaman angkutan apa yang paling cepat sampai atau jalur mana yang paling lancer/tidak macet. Teori-teori maupun temuan-temuan yang diperoleh dari pengalaman-pengalaman.
Pengalaman diartikan sebagai sesuatu yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung) dlm KBBI. Daehler & Bukatko (1985) berpendapat bahwa pengalaman dapat juga diartikan sebagai memori episodic, yaitu memori yang menerima dan menyimpan peristiwa yang terjadi atau dialami individu pada waktu dan tempat tertentu yang berfungsi sebagai refrensi otobiografi. Pengalaman merupakan peristiwa yang tertangkap oleh panca indra dan tersimpan dalam memori. Pengalaman dapat diperoleh ataupun dirasakan saat peristiwa baru saja terjadi maupun sudah lama berlangsung.

Pengalam yang terjadi maupun sudah lama berlangsung. Pengalam yang terjadi dapat diberikan kepada siapa saja untuk digunakan dan menjadi pedoman serta pemeblajaran manusia.
Sebagai sumber pengetahuan, pengalaman memiliki kelemahan terkait dengan senses atau kepekaan seseorang tersebut memaknai suatu kejadian/perestiwa. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu saat dapat dianggap sangat berkesan bagi seseorang, namun bagi orang lain dianggap hal biasa. Oleh karenanya seseorang perlu mengetahui hal-hal yang tidak diketahuinya dari pengalaman orang lain.

Referensi
Wagiran. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman"

Posting Komentar